Mendaki Gunung Latimojong bersama Acen Trisusanto

208
0

Di IRadio Keliling bersama Feli Sumayku dan Kamal Rasyid, kedatangan seorang hikers yang sudah mendaki banyak gunung yang ada di Indonesia. Dia adalah Acen Trisusanto.

Pada kesempatan ini, Acen menceritakan pengalamannya mendaki gunung yang dikatakan sebagai salah satu seven summit (7 gunung tertinggi di Indonesia) di Indonesia yaitu Gunung Latimojong di Pulau Sulawesi.

Yang spesial dari Latimojong itu sebenarnya pemandangannya bagus, dia itu awannya keren banget di puncak cuman waktu gua kesana dapetnya jelek soalnya lagi hujan,” ujar Acen.

Ada sebuah desa di kaki Gunung Latimojong. Desa itu dikenal dengan nama Desa Enrekang. Penduduk di desa ini sangat kuat dengan suhu dingin. Kebanyakan mereka hanya memakai sarung.

Kami waktu mau naik dikasih kayak semacam rotan, dibikinin gelang sama orang sana, tujuannya cuman sebagai penanda bahwa kita adalah temennya penunggu Latimojong”.

Kita juga dapat melihat Gunung Nona dari desa ini. Gunung ini merupakan gunung yang akan dilalui ketika kita berjalan ke Latimojong.

Jika dijabarkan, perjalanan ke Latimojong diawali dari Makassar, lalu ke Desa Enrekang, Gunung Nona, dan Gunung Latimojong. Membutuhkan sekitar 8-12 jam dari Makasar sampai Desa Enrekang.

Di Gunung Latimojong, terdapat 9 pos yang harus dilalui dan yang paliing sulit adalah perjalanan dari pos 2 ke pos 3.

Jalanannya agak terjal. Kalau kita naik semacam rock climbing tapi tidak ada  alat-alat. Jadi naiknya pake akar-akar doing, batang-batang pohon, dan batu-batuan juga. Beberapa orang juga sempet kepleset”.

Di pos 2 ada air terjun kecil yang biasanya banyak orang camp disana walaupun tempatnya sempit. Selain pos 2, Acen mengatakan bahwa pos 7 juga merupakan tempat yang bagus karena ada bebatuan yang bagus-bagus.

Perjalanan yang panjang ini tentunya akan terbayarkan jika sudah sampai ke puncak gunung. Puncak Gunung Latimojong memiliki spot yang banyak, sehingga kita bisa melihat keindahannya dari berbagai sudut pandang.

Ada satu spot di Gunung Latimojong yangterdapat banyak sekali pohon-pohon yang berlumut dan bagus untuk kita berfoto-foto. Letaknya di antara pos 6 dan pos 7.

Jika ingin mendaki Gunung Latimojong harus sangat memikirkan waktu perjalanan agar dapat melihat dan menikmati pemandangan yang ada di Latimojong.

Dari Jakarta ke Makassar dari sore, lalu dari Makassar ke Desa Enrekang dari malam sehingga jam 6 pagi sudah sampai ke desa. Lalu dari Enrekang ke kaki Gunung Latimojong menggunakan jeep yang memakan waktu 2 jam.

Harus olahraga dulu, perlengkapan harus komplit, kalau komplit kan lebih tenang, pakai sepatu gunung jangan sandal, dijaga mulutnya dan rotannya,” ujar Acen tentang tips persiapan mendaki gunung,

Untuk melihat keseruan Acen yang lainnya, kalian bisa follow Twitter @acentris.

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini. [teks Andre Fransisco | foto surbaktineva.com]
Baca juga:
Memperingati 10 tahun terbentuknya RAN
Kangen dengan J-Rocks? Ini dia obat kangennya!
Batasan perizinan kampanye pemilihan Gubernur

LEAVE A REPLY