6 Film Indonesia Tayang di Udine Far East Film Festival 2024 Italia

56
0

Film-film Indonesia akan ditayangkan di Udine Far East Film Festival (FEFF) 2024, yang berlangsung di Udine, Italia.

 Udine Far East Film Festival merupakan festival genre terbesar yang memutar film-film genre dari Asia dan Eropa. Festival ini diselenggarakan setiap tahun, dan ini merupakan film festival yang ke-26.

Pada penyelenggaraan ke-26 ini, FEFF juga menggelar Indonesian Cinema Night untuk merayakan film-film Indonesia.

Terdapat enam film Indonesia yang diputar di FEFF selama 24 April hingga 3 Mei. Film tersebut terdiri dari tiga film baru dan tiga film klasik.

Berikut film-film yang diputar di FEFF 2024.

  • 13 Bom di Jakarta

13 Bom di Jakarta merupakan sebuah film laga mata-mata Indonesia tahun 2023 yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko. Film produksi Visinema Pictures ini dibintangi oleh Chicco Kurniawan, Ardhito Pramono, Lutesha, dan masih banyak lagi.

Film ini menceritakan teror sekumpulan teroris yang ingin menyerang Ibukota Indonesia, Jakarta. Serangan dari 13 bom ini akan menghancurkan kota sekaligus memakan banyak korban jiwa. Badan Kontra Terorisme Indonesia ini mendapatkan informasi mengenai rencana bom tersebut, dan mereka segera bertindak dan membuat tim agen rahasia yang diketuai oleh Emil (diperankan oleh Ganindra Bimo), yang merupakan agen intelijen yang berpengalaman. 

Film ini diputar di Teatro Nouvo Giovanni Da Udine pada 26 April 2024 pukul 11.00 waktu setempat.

  • Kereta Berdarah

Kereta Berdarah merupakan film horror Indonesia terbaru yang disutradarai oleh Rizal Mantovani. Film ini merupakan produksi dari MVP Pictures. Kereta Berdarah dibintangi oleh Hana Malasan, Zara Leola, dan Kiki Narendra.

Film yang berdurasi 103 menit ini menceritakan tentang Purnama (diperankan oleh Hana Malasan) dan adiknya Kembang (Zara Leola) yang akan pergi ke suatu resort terpencil dengan menggunakan kereta khusus.Awalnya, mereka tidak menyadari sesuatu yang janggal selama di dalam kereta. Seiring berjalannya waktu, mulai muncul serangkaian teror dan juga misteri di dalam kereta tersebut. 

Setiap kereta tersebut melewati terowongan, satu per satu gerbong pun menghilang. Kondektur kereta, Tekun (Fadly Faisal) menjadi orang pertama yang melihat kejadian aneh tersebut dan melaporkannya kepada Masinis. Purnama, Kembang, Tekun, dan penumpang misterius (Putri Ayudya) mencoba untuk memperingati orang-orang atas keanehan di dalam kereta. Namun, peringatan itu diabaikan.

Kereta Berdarah diputar di Teatro Nouvo Giovanni Da Udine pada 28 April 2024 pukul 23.40 waktu setempat.

  • Ali Topan

Ali Topan merupakan film karya Sidharta Tata, yang merupakan film adaptasi dari novel yang berjudul Ali Topan karya Teguh Esa. 

Film ini diperankan oleh Jefri Nichol (sebagai Ali Topan) dan Lutesha (sebagai Anna Karenina). 

Ali Topan yang merupakan anak remaja yang hidup di jalanan karena keluarga hancur, bertemu dengan Anna Karenina dan keduanya saling jatuh cinta. Namun, percintaan mereka tidak direstui oleh kedua orang tua Anna. Karena merasa kecewa, Ali dan Anna pergi berpetualang menelusuri beberapa kota di Pulau Jawa.

Ali Topan diputar di Teatro Nouvo Giovanni Da Udine pada 1 Mei 2024 pukul 21.40 waktu setempat.

  • Kuldesak

Kuldesak adalah film ansambel drama komedi hitam Indonesia yang dirilis pada 1998.

Segmen-segmen dalam film ini disutradarai oleh Riri Riza, Nan Achnas, Mira Lesmana, dan Rizal Mantovani. Film ini merupakan debut awal mereka berkarier sebagai sutradara. 

Film ini diperankan oleh Oppie Andaresta, Bianca Adinegoro, Ryan Hidayat, Wong Aksan, dan masih banyak lagi.

Kuldesak diputar di Visionario pada 27 April 2024 pukul 17.00 waktu setempat.

  • Surat Untuk Bidadari

Surat untuk Bidadari adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 1994 dengan disutradarai oleh Garin Nugroho dan dibintangi oleh Nurul Arifin, Hotalili, Ibrahim Ibnu, Fuad Idris, Adi Kurdi, Jajang C. Noer, Monica Oemardi, Viva Westi, dan Windy Prasetyo Budi Utomo.

Film ini menceritakan tentang Lewa, anak berumur 9 tahun memiliki sifat yang hiperaktif dan temperamental karena kehilangan ibunya ketika ia masih sangat muda. Lalu, ia menulis surat kepada malaikat yang ia anggap nyata. Lewa kebingungan ketika surat-surat yang ia tulis tidak pernah mendapatkan jawaban.

Film dengan judul internasional Letter to Angel diputar di Visionario pada 27 April 2024 pukul 20.10 waktu setempat.

  • Tjoet Nja’ Dhien

Tjoet Nja’ Dhien adalah sebuah film Indonesia tahun 1988 yang disutradarai oleh Eros Djarot dan dibintangi oleh Piet Burnama, Christine Hakim, Rudy Wowor, dan Slamet Rahardjo. Berdasarkan kisah hidup pemimpin gerilyawan perempuan Aceh, Cut Nyak Dhien, film ini berfokus pada periode enam tahun antara kematian suami keduanya, Teuku Umar, dan penangkapannya oleh tentara kolonial Belanda.

Film ini diputar di Visionario pada 29 April 2024 pukul 1820 waktu setempat.