Logo HUT RI ke-79 Telah Dirilis, Ini Maknanya

90
0

Pemerintah secara resmi telah merilis logo dan tema untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Indonesia. HUT ke-79 RI akan mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”.

Melansir dari presidenri.go.id, tema ini dipilih untuk menggambarkan transisi, bukan hanya transisi kepindahan ibu kota negara, tetapi juga transisi yang berikutnya kepemimpinan bangsa dan negara Indonesia.

HUT ke-79 RI merupakan batu loncatan yang besar bagi Indonesia, karena mengalami 3 transisi penting, yaitu menyongsong Ibu Kota baru, pergantian pemimpin, dan Indonesia Emas 2045.

Desain logo tersebut terdiri dari angka 79 berwarna merah yang menandai usia Indonesia. Heru mengatakan setidaknya ada tujuh konsep visual logo yang menggambarkan banyak hal. Berikut makna logo HUT RI ke-79, melansir dari detik.

  • Negara Kepulauan

Logo HUT ke-79 terdiri dari bagian-bagian terpisah yang merepresentasikan bentuk Indonesia sebagai negara kepulauan.

  • Lambang Negara

Ujung angka 7 menyerupai paruh Garuda, lambang negara yang berisi salah satu pilar kebangsaan yaitu Pancasila, serta melambangkan kekuatan negara.

  • Pertumbuhan Ekonomi

Angka 7 yang menyerupai panah ke kanan atas merupakan simbol harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor untuk memenuhi misi Indonesia dalam menggerakkan ekonomi.

  • Keberlanjutan

Arah lengkungan dari segala arah yang saling terhubung satu sama lain, menyimbolkan prinsip pembangunan negara yang berkelanjutan.

  • Ekonomi Hijau

Bentuk dahan dan daun dari angka 9 merupakan prinsip pembangunan negara yang berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam dan selalu memperhatikan akar budaya dan identitas.

  • Persatuan dan Harapan

Kaki angka 7 dan 9 terbuat dari bentuk yang sama, membentuk 2 tangan yang menyatu sebagai simbol persatuan masyarakat Indonesia walaupun memiliki pendapat yang berbeda-beda.

  • Kesetaraan 

Dua gelombang dengan arah yang sama di atas dan di bawah merepresentasikan tujuan Indonesia untuk desentralisasi dan memeratakan pembangunan demi mencapai kesetaraan.