Memperingati 10 tahun terbentuknya RAN

83
0

Setelah hadir dengan ‘Ombak Asmara‘, RAN hadir kembali dengan album ke-5 sebagai bentuk memperingati 10 tahun terbentuknya RAN.

Walaupun Rayi, Asta, dan Nino memiliki side project masing-masing, tetapi kegiatan utama mereka tetap pada RAN.

Terdapat perbedaan di album ini karena bertepatan dengan 10 tahunnya RAN, mereka membuat album ini bernuansa nostalgia.

Walaupun bukan greatest hits, tetapi semua track itu merangkum semua jenis musik RAN dari awal memulai karier di industri musik pada tahun 2006.

Seperti suasana musik lagu ‘Pandangan Pertama‘ diwakili dengan lagu ‘Ombak Asmara‘, lalu lagu ‘Salamku Untuk Kekasihmu Yang Baru‘ dimasukkan di album terbaru ini karena musiknya lebih dewasa dibanding lagu-lagu terdahulu.

Tidak hanya RAN yang bertransformasi menjadi lebih dewasa dalam bermusik, Ranners pun sudah pasti ikut tumbuh bersama.

Alhamdulillah sih wajah-wajah lama Ranners masih sering terlihat waktu kita manggung,” ujar Nino.

RAN sendiri mengaku tidak pernah berusaha untuk segmentasikan musik yang mereka buat untuk siapa. Namun untuk menjaga jati diri RAN, mungkin musik-musik mereka akan selalu mengenai sasaran di usia muda.

Album kelima dinamakan RAN (self-titled), karena 10 tahun merupakan tonggak sejarah baru bagi RAN sendiri, dan berharap menjadi perjalanan yang baru bagi RAN.

Mereka secara resmi telah merilis dalam bentuk digital pada 18 November tahun lalu, tetapi mereka belum merilis album tersebut secara fisik.

Pertimbangan mengajak kolaborasi dengan Kahitna dalam lagu “Salamku Untuk Kekasihmu Yang Baru,” Kahitna sendiri merupakan idola bagi RAN.

Lirik yang terdapat di lagu tersebut cukup dalam dan RAN merasa cocok jika kolaborasi dengan Kahitna di lagu tersebut.

RAN sendiri sudah beberapa kali kerjasama dengan Kahitna, seperti di ulangtahun Kahitna mereka pun ikut mengisi acara. Selain Kahitna, RAN berkolaborasi juga dengan Yura Yunita.

Resep RAN sendiri dalam mempertahankan kekompakan dan solidaritas selama 10 tahun terakhir dengan memiliki komitmen yang jelas.

Untuk urusan RAN sudah bagaikan rumah bagi masing-masing personil. Dengan adanya kegiatan di luar RAN, dijadikan saat refreshing bagi mereka.

Sukses terus untuk RAN!

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini. [teks: Rivat Adi Mulya | foto: @Iradiojakarta]

Baca juga:
Program kerja Cagub mana yang dipilih oleh I-Listeners?
Hurt’Em rilis album perdana via Lawless Records
5 Rekomendasi kuliner kaki lima di Bandung

LEAVE A REPLY