Tingkat Positivity Rate Covid-19 Di Indonesia Cetak Rekor Paling Rendah Sejak Pandemi

373
0
Tingkat Positivity Rate Covid-19 Di Indonesia Cetak Rekor Paling Rendah Sejak Pandemi

Penanganan covid-19 di Indonesia semaki hari semakin membaik. Baru-baru ini per Minggu (12/9/2021), Indonesia mencetak rekor terendah positivity rate Covid-19 COVID-19 sejak pandemi berlangsung tahun lalu.

Saat ini angka positivity rate di Indonesia berada di level 3,05 persen. Angka ini jauh di bawah standar ideal Badan Kesehatan Dunia (WHO), yakni 5%. Itu artinya, Indonesia sudah melampaui batas aman dari WHO dalam kasus penanganan covid-19.

Tingkat Positivity Rate Covid-19 Di Indonesia Cetak Rekor Paling Rendah Sejak Pandemi

Angka ini merupakan rekor paling rendah sejak pandemi berlangsung di Tanah Air sejak bulan April 2020 lalu. Selain itu, Indonesia juga berhasil keluar dari jumlah tertinggi kasus covid-19 dengan harian di atas 40 hingga 50 ribu pada Juli 2021 lalu.

Hal ini merupakan lonjakan drastis hingga 30 sampai 40 persen penurunan dari bulan Juli ke September 2021. Selama bulan Juli 2021, rata-rata rasio positif harian selalu di atas 25%.

Baca Juga : Asal Muasal Istilah Kerokan, Hanya Ada Di Indonesia?

Namun begitu, Kementerian Kesehatan RI mengatakan agar masyarakat Indonesia tetap waspada walaupun laju penularan COVID-19 saat ini berada di titik rendah. Menurutnya, covid varian Delta masih mendominasi.

“Kalau kita lihat varian Delta masih varian yang mendominasi, kita lihat angka positif kita dan angka kematian belum mencapai angka serendah sebelumnya di Maret,” jelas dr Nadia┬ádikutip dari Detik.com.

“Kita tetap harus waspada walau laju penularan sudah sangat rendah. Tapi kita melihat jumlah orang yang terpapar juga masih cukup banyak,” sambung dr Nadia.

 

Penulis : Rifqi Fadhillah