Mengenal dunia koki bersama Desi Trisnawati

424
0

Dalam Pagi Pagi Berkarier bersama Feli Sumayku dan Kamal Rasyid kedatangan seseorang yang merupakan seorang chef. Tak hanya chef biasa, ia adalah juara dari MasterChef Indonesia season 2, Desi Trisnawati.

Kedatangan Desi Trisnawati bukan hanya kedatangan biasa, tapi ia berbagi cerita seputar profesinya sebagai seorang chef.

Desi awalnya adalah seorang direktur di salah satu hotel di Indonesia dan juga seorang ibu rumah tangga. Ia baru bisa disebut sebagai chef ketika memenangi MasterChef.

Berada di keluarga yang suka makan dan memasak membuat dirinya menyukai dunia masak. Beberapa menu di hotel milik Desi juga terdapat menu ciptaannya.

Berawal dari home cook, Desi mencoba peruntungan di MasterChef Indonesia. Chef pun memiliki beberapa jenis seperti professional chef dan celebrity chef.

Professional chef adalah orang yang benar-benar menggeluti dunia memasak dari awal dan berfokus pada dunia memasak.  Sedangkan celebrity chef adalah chef yang suka berada dalam dunia entertainment.

Jenjang karier yang lebih kelihatan adalah professional chef,” jelas Desi.

Desi sendiri sudah banyak bekerja sama dengan professional chef baik dalam negeri ataupun luar negeri.  Sejak kelas 5 SD, Desi sudah mengikuti lomba memasak, bahkan masakannya pun bukan masakan yang sederhana, seperti ikan asam manis.

Setelah mengikuti MasterChef, Desi menggeluti hampir 3 profesi. Desi menjadi chef consultant di perusahaan Jepang berbasis flavour, dimana perusahaan Jepang ini akan mengkreasikan bumbunya menjadi bumbu mie instan, bahkan racikan Desi sudah dijual ke publik.

Saya juga masih mengurus hotel di Bangka, bolak-balik. Dan sekarang saya juga bersama mantan Presiden Direkturnya D’Cost, kami membuka Pesona Catering Nusantara,” Ungkap Desi mengenai profesinya.

Profesi seorang chef itu sebenarnya kompleks, bahkan tanpa batas bisa menjadi apapun, seperti yang dilakukan Desi saat ini.

Ilmu tertinggi dari chef adalah rasa, dan ini perlu diasah berulang kali sampai menemukan rasa yang balance dan pas, seperti dalam rendang yang memiliki rasa pedas, manis dan lain sebagainya.

Jangan membatasi diri kita untuk menjadi chef. Chef tidak harus belajar dari sekolah khusus memasak atau sekolah kejuruan. Sekarang kita sudah bisa belajar dari Youtube dan sebagainya.

Untuk mengasah diri, bisa mulai dari menu yang disuka terlebih dahulu. Coba bermain kreasi dulu, jika sudah mulai bosan baru mulai dengan menu baru.

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini. [teks Hardianti Budhi]

Baca juga:
Cagub dengan debat terbaik pilihan I-Listeners
Anji dan Wizzy akan tampil dalam “We Love Disney”
Novel “Some Kind of Wonderful”, memahami arti kehilangan

LEAVE A REPLY