Cara Artika Sari Devi Mengasah Kreativitas Anak

1190
0

Kreativitas memang wajib diasah sejak dini agar anak menjadi kreatif dan cerdas. Untuk itu, peran orangtua sangatlah penting dalam membimbing, mendampingi, dan memberikan jalan bagi anaknya. Hal ini sangat disadari oleh Artika Sari Devi.

Puteri Indonesia 2004 ini punya cara tersendiri untuk mengasah kreativitas sang anak, Sarah Ebiela Ibrahim. Menurut Artika, anaknya sangat menyukai sesuatu yang berhubungan dengan seni, termasuk membuat komik.

“Jadi kalau kemanapun yang penting ada kertas sama bolpoin, itu bisa membantu dia dalam mengungkapkan apa yang menjadi harapan dia, apa yang jadi cita-citanya dia, atau bahkan kekesalan dia.” ujar istri dari Baim ini seperti dikutip dari Ghiboo.com.

Artika bercerita, pernah suatu ketika dirinya sedang sibuk dengan berbagai rutinitas, kemudian sang anak meluapkan perasaannya melalui gambar. “Dia bisa gambarin dengan gambar, dia dengan anjing kecil misalnya, sedangkan aku nggak ada temannya,” tambah Artika.

“Pernah waktu adiknya sudah lahir, dia itu merasa jealous, saya coba ngobrol dan sudah negosiasi sama dia, akhirnya saya dekatkan dia dengan adiknya lewat komik, misalnya ‘kak kita bikin komik tentang adik yuk, tentang Zoe yuk’ Ntar dia yang lanjutin ‘kan Zoe sukanya begini-begini’ nah itu kakak lebih tahu, nanti dia mulai gambar.”

Kesimpulannya, menurut Artika kreativitas itu tidak selalu harus dengan media yang rumit. Cukup dengan segala sesuatu yang sederhana yang bisa menggunakan imajinasi sang anak agar anak bisa menuangkan perasaannya. [teks @pria_nastar / @EL_Sutopo | foto @artikabaim]

LEAVE A REPLY