Perempuan Tanah Jahanam Wakili Indonesia di Oscar 2021

41
0

Perempuan Tanah Jahanam (Impetigore) resmi menjadi perwakilan Indonesia untuk bersaing merebutkan piala Oscar 2021 dalam kategori Best International Feature Film yang dulu bernama Best Foreign Film. Ajang Piala Oscar 2021 akan digelar April 2021.

“Sesuai pedoman Komite Seleksi Oscar di Indonesia dan regulasi Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), setelah dilakukan penilaian, komite menetapkan film berjudul “Perempuan Tanah Jahanam” menjadi wakil Indonesia sebagai film pilihan di kategori International Feature Film,” kata Ketua Komite Seleksi Oscar Indonesia Garin Nugroho pada Selasa (10/11).

Perempuan Tanah Jahanam terpilih karena dianggap telah memenuhi sederet kriteria seperti penyutradaraan dan skenario.

Di sisi lain, film tersebut juga menunjukkan nilai-nilai lokal yang mampu merepresentasikan Indonesia dalam perhelatan film terbesar di dunia tersebut.

“Dalam film ini ada yang menarik. Mulai dari unsur-unsur yang telah teruji, hingga latar belakang budaya terkait mistisme di Indonesia juga menjadi swadaya kuat dari film ini,” kata sutradara Kucumbu Tubuh Indahku tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Garin mengungkapkan tak pernah ada batasan terkait genre untuk film-film yang diajukan ke Oscar.

Menurutnya, banyak negara yang memboyong film horor sebagai perwakilan resmi negara mereka dalam Academy Awards. Tercatat, salah satu negara yang juga mengajukan film horor ke Oscar 2021 adalah Malaysia dengan film Roh.

“Karena tidak ada yang namanya genre kelas 1, kelas 2. Yang diperlukan adalah pencapaian dan unsur-unsur filmnya,” Garin menjelaskan.

BACA JUGA : Perempuan Tanah Jahanam, Tegang dan Mencekam

Di Indonesia, Perempuan Tanah Jahanam juga masuk banyak nominasi Piala Citra di Festival Film Indonesia 2020, mulai dari Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Perempuan Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

Film karya sutradara Joko Anwar tersebut juga masuk nominasi Pengarah Sinematografi Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Efek Visual Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pencipta Lagu Tema Terbaik, Penata Busana Terbaik, Penata Rias Terbaik.

Oleh sebab itu, Perempuan Tanah Jahanam memecahkan rekor nominasi terbanyak sepanjang sejarah Festival Film Indonesia.

[teks timnewsroom/cnnindonesia]