Pasar Kue Subuh Senen Jaya Bukan Ditutup Tapi Cuma Direlokasi

18
0
Pasar Kue Subuh Senen Jaya Bukan Ditutup Tapi Cuma Direlokasi
Pedagang di Pasar Kue Subuh Senen Jaya Blok 5, Jakarta Pusat akan direlokasi

Pedagang di Pasar Kue Subuh Senen Jaya Blok 5, Jakarta Pusat akan direlokasi ke area Blok 1 dan Blok 2 karena lapak yang dinilai sudah padat dan kurang nyaman.

Sebelumnya, ramai dimedia sosial jika Pasar Kue Subuh yang sudah ada di Pasar Senen sejak lama ini bakal tutup untuk selamanya.

Informasi itu diunggah akun Instagram @senenjayaofficial. Dinarasikan bahwa pasar akan beroperasi terakhir kali pada 9 Februari 2023.

Manager Persewaan Senen Jaya 1 dan 2 Anton Susilo Nugroho, saat menjelaskan alasan pemindahan sentra kue tradisional tersebut.

“Di Blok 5 karena kondisinya kan sudah begitu padat dan kurang nyaman jadi kami mau alihkan ke Senen Jaya Blok 1 dan 2, gedung baru,” kata Anton, Kamis (12/1).

“Tempatnya lebih nyaman, parkirnya lebih luas, sama aksesnya lebih mudah,” sambung dia.

BACA JUGA : Jalan Berbayar Bakal Berlaku di 25 Ruas Jalan Jakarta

Usai relokasi dilakukan, maka Blok 5 yang menjadi lokasi pedagang menjajakan kue saat ini akan ditutup.

“Sebenarnya kalau di Blok 5-nya tutup itu memang kami tutup, tapi kami relokasi. Bukan tutup permanen, tapi relokasi ke lokasi yang lebih baru dan nyaman,” ungkap Anton.

Para pedagang, lanjut dia, telah mendapatkan sosialisasi dari koordinator pasar berkait relokasi ke Blok 1 dan 2 Pasar Senen Jaya. Mereka bisa pindah ke gedung baru, pada 10 Februari 2023 mendatang. Pedagang pasar juga akan mendapatkan tempat yang lebih bersih, rapi, dan tertata.

“Kalau untuk fasilitasnya itu parkirannya jauh lebih luas, dan lebih nyaman. Kemudian bangunannya pasti lebih baru jadi aksesnya juga pasti lebih mudah,” tutur Anton.

“Dengan lahan parkir yang luas dan lebih nyaman dan lebih bersih. Demikian kami sampaikan, terima kasih atas perhatian dan kerja samanya,” tulis Manajemen Senen Jaya 1 dan 2.

Pasar Kue Subuh di Senen Jaya

Pasar Kue Subuh di Senen Jaya sudah ada sejak 34 tahun lalu. Karena lokasinya yang strategis, pembeli pun berdatangan ke lapak kue tersebut. Hal itu ikut memancing pedagang lainnya berjualan, hingga sebesar sekarang. Luas pasar bertambah menjadi 1.760 meter persegi serta dapat menampung sekitar 700 lapak.

Harga kue yang ditawarkan murah dan tersedia berbagai jenis kue. Pembelinya bukan hanya dari dalam kota Jakarta, namun juga dari berbagai kota lainnya seperti, Bekasi, Depok, Bogor (Jawa Barat), Tangerang hingga Cilegon (Banten).

Pasar ini sempat mengalami kebakaran pada tahun 2017. Kebakaran terjadi di Pasar Senen Blok 1 dan 2. Akibatnya, pedagang pasar harus pindak ke Blok 4 dan 5.

Meski populer dengan sebutan Pasar Subuh, namun jam operasionalnya berubah sejak tahun 1995. Masyarakat dapat menikmati jajanan favorit di tempat ini mulai pukul 19.00 WIB malam hingga 06.00 WIB pagi.