Mengenal penyakit di musim pancaroba

48
0

Apakah I-Listeners merasakan perubahan cuaca yang ekstrim belakangan ini? Hujan terus menerus, angin yang kencang, dan dingin yang menusuk?

Masih Pagi Pagi Sehat bersama Kamal Rasyid dan Feli Sumayku kedatangan Dr. Alvira dari Rumah Sakit Masmitra kali ini membahas penyakit yang menyerang saat musim pancaroba, seperti saat ini.

Penyakit yang banyak menyerang pada musim pancaroba antara lain flu dan batuk. Tapi bisa juga terserang penyakit diare, demam tifoid atau tifus, migrain, bahkan demam berdarah.

Musim pancaroba dirasakan perubahan cuaca dari dingin ke panas atau sebaliknya yang membuat sistem kekebalan tubuh kita akan menurun.

Ketika udara dingin masuk ke dalam saluran pernapasan kita dengan kekebalan tubuh kita yang menurun, akan menyebabkan peradangan pada tubuh kita.

Pencegahan dalam menghadapi musim pancaroba ini bisa kita mulai dengan meminum air putih, minimal 2 liter dalam sehari untuk mencegah dehidrasi. Lalu konsumsi makanan bergizi dan olahraga rutin.

Jika kita biasa meminum suplemen, suplemen hanyalah sebagai tambahan saja. Suplemen sebenarnya dibutuhkan ketika keadaan kita sedang sakit saja dan ini membantu.

Cara paling efektif adalah pola hidup sehat dan seimbang, itu semua sudah cukup untuk menghadapi musim pancaroba seperti saat ini.

Jika menderita batuk, batuk biasanya paling lama 2 minggu, kita harus antisipasi ketika batuk lebih dari 2 minggu. Dianjurkan bagi kita untuk memeriksa ke dokter jika sudah mengalami batuk lebih dari 2 minggu.

Mungkin saja ada penyakit lain yang diderita.

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini. [teks Hardianti Budhi]

Baca juga:
Mendaki Gunung Latimojong bersama Acen Trisusanto
Isyana Sarasvati meraih “Mimpi” di Indonesia 40
Memperingati 10 tahun terbentuknya RAN

Gabriella Sakareza
Latest posts by Gabriella Sakareza (see all)

LEAVE A REPLY