Iwan Fals Rilis Vinyl Album Mata Dewa di Hari Musik Nasional

21
0

Musisi senior Iwan Fals merilis album legendaris Mata Dewa dalam versi piringan hitam atau vinyl. Iwan merilis piringan hitam album tersebut bertepatan dengan perayaan Hari Musik Nasional yang jatuh pada 9 Maret.

Selain untuk memperingati Hari Musik Nasional, Iwan mendedikasikan piringan hitam album Mata Dewa untuk para Oi, atau penggemarnya dan seluruh penikmat musik di Indonesia.

BACA JUGA : Satu Jam Bersama Iwan Fals

Sebelumnya, album Mata Dewa dirilis pertama kali pada 1989. Album ini dirilis Musica Studios dalam bentuk kaset melalui jalur distribusi internal yakni melalui konser Iwan Fals dan stand di beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta.

Kemudian, Airo Records milik Setiawan Djodi memasarkan album ini menggunakan jalur konvensional, dan hasilnya meledak di pasaran.

Dalam menggarap album ini, Iwan Fals bekerja sama dengan sejumlah musisi seperti Setiawan Djodi dalam single Mata Dewa.

Selain Setiawan Djodi, Iwan juga menggandeng musisi lain dalam menggarap album ini termasuk gitaris God Bless, Ian Antono. Hal ini membuat musik Iwan Fals kental dengan nuansa rock.

Dalam media gathering virtual perilisan vinyl ‘Mata Dewa’, Selasa (9/3), Iwan Fals menceritakan momen berkesannya mengenai album legendaris satu ini.

“Yang paling diinget dari album ini tentunya sih (momen) pembatalan konser di 100 kota waktu itu,” tukas Iwan Fals, mengenang masa setelah perilisan perdana album ini 32 tahun silam.

“Itu tentu hal berkesan yang nggak bisa dilupa. Bagaimanapun, album ini tetap membuka jalan untuk karya-karya saya selanjutnya,” tukas musisi yang tahun ini genap berusia 60 tahun itu.

Album Mata Dewa terdiri dari sepuluh lagu mulai dari single utama berjudul Mata Dewa dan sembilan judul lain seperti PHK, Nona, Air Mata Api, Bakar, Puing, Berkacalah Jakarta, Yang Terlupakan, Perempuan Malam, dan Pinggiran Kota Besar.

[teks timnewsroom/cnnindonesia | foto musica]