Ini Dia Arti Warna Pada Rambu Penunjuk Jalan

257
0
Ini Dia Arti Warna Pada Rambu Penunjuk Jalan

Pengguna jalan pasti akan menjumpai berbagai rambu lalu lintas terutama rambu penunjuk jalan. Namun, tahukah I-Listeners bahwa rambu lalu linta memiliki fungsi lain berdasarkan warna? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Berdasarkan fungsi, rambu lalu lintas dibagi menjadi empat, yaitu fungsi peringatan, larangan, perintah, serta petunjuk bagi pengguna jalan. Supaya Anda bisa berkendara tetapa nyaman dan aman, maka wajib mengenali arti dari setiap rambu lalu lintas.

Ini Dia Arti Warna Pada Rambu Penunjuk Jalan

Pada jalan non-tol, rambu penunjuk jalan yang umum ditemui berwarna hijau dan biru. Kedua rambu tersebut memiliki arti yang berbeda. Unutk rambu penunjuk jalan tulisan warna putih yang memiliki warna dasar hijau bermakna sebagai petunjuk informasi suatu kota atau wilayah. Rambu ini dipasang sebelum kota atau wilayah yang tertulis pada papan rambu.

Ini Dia Arti Warna Pada Rambu Penunjuk Jalan

Kemudian rambu petunjuk dengan warna dasar biru bermakna sebagai perintah. Nama lokasi yang tercantum di papan tersebut berarti jalur yang dipilih pengemudi akan langsung mengarah ke lokasi. Artinya jika sudah menemukan rambu berwarna dasar biru maka Anda langsung mengarah ke lokasi sesuai nama pada rambu.

Ini Dia Arti Warna Pada Rambu Penunjuk Jalan

Sementara untuk warna rambu dasar hijau, Anda masih bisa memilih untuk memilih kota pada rambu untuk dijadikan rute atau tidak sama sekali. Kemudian jika ada rambu warna coklat, artinya hampir sama dengan rambu petunjuk warna hijau. Perbedaannya, rambu dengan warna coklat biasanya merupakan petunjuk tempat wisata.

Baca Juga: PUPR Perlu Dana Tambahan Rp 3 Triliun untuk Pembangunan IKN Tahap Awal

Aturan warna rambu-rambu lalu lintas tidak sembarangan, karena diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13 Tahun 2014 tentang Rambu Lalu Lintas bagian kelima tentang Rambu Petunjuk. Jadi jangan sampai keliru saat mengemudi I-Listeners!

 

Penulis: Fadia Syah Putranto