Hati-Hati Modus Baru Bobol Rekening Lewat Undangan Nikah

29
0
Hati-Hati Modus Baru Bobol Rekening Lewat Undangan Nikah

Pengguna sosial media harus lebih waspada terhadap kejahatan dunia maya I-Listeners. Terbaru, modus baru pembobolan rekening dengan menyebar undangan nikah lewat file APK WhatsApp.

Melihat dari tangkapan layar yang beredar, penipu modus baru ini mengirimkan foto berupa undangan pernikahan dan meminta penerima untuk membuka undangan berbentuk file APK.

Sebagai informasi, file yang dibuka melalui ekstensi APK merupakan berkas paket aplikasi android yang biasa digunakan untuk mendistribusikan dan memasang software.

Hati-Hati Modus Baru Bobol Rekening Lewat Undangan NikahDengan begitu para penipu modus undangan juga memaksa penerima untuk membuka file tersebut untuk menjebak.

Baca Juga: Ujian SIM C1 dan C2 Bisa Gunakan Kendaraan Pribadi

Sebenanrnya sudah ada modus pembobolan sebelum melalui cara undangan pernikahan. Seperti pembobolan rekening berkedok kurir paket. Saat itu Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing mengungkapkan sekarang ada modus sniffing yang harus diwaspadai

“Sniffing ini adalah penipu mengambil data pribadi untuk digunakan secara ilegal,” kata Tongam.

Hati-Hati Modus Baru Bobol Rekening Lewat Undangan Nikah

Tongam menyebutkan modus sniffing ini digunakan dengan mengirimkan pemberitahuan pengiriman barang melalui ekspedisi. Kemudian ada aplikasi palsu yang penipu buat dan seolah itu adalah untuk melacak barang yang akan dikirimkan.

Buat I-Listeners tetap selalu berhati-hati terhadap kejahatan dunai maya khususnya modus pembobolan rekening melalui APK WhatsApp.

Fadi Syah