7 Minuman Khas Indonesia yang Sehat dan Bermanfaat

45
0
Sarabba. Traditional herbal-spiced tea latte from Makassar (Ujung Pandang), South Sulawesi. Accompanied with traditional snack from the region.

Indonesia terkenal dengan kekayaan budayanya, termasuk kulinernya yang beragam. Tak hanya makanan, Indonesia juga memiliki berbagai minuman khas yang tak hanya lezat, tetapi juga menyehatkan dan bermanfaat bagi tubuh.

Menariknya, beberapa minuman khas nusantara telah dipasarkan hingga pasar global. Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut 10 minuman khas Indonesia yang memiliki banyak manfaat:

1. Bir Pletok

Bir Pletok Minuman Tradisional Khas Betawi yang Menyegarkan
https://vakansiinfo.com/bir-pletok-minuman-tradisional-khas-betawi-yang-menyegarkan/

Minuman khas Indonesia yang pertama berasal dari Betawi ini terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, kayu secang, kayu manis, dan kapulaga. Bir pletok tidak mengandung alkohol, sehingga aman dikonsumsi oleh semua kalangan. Minuman ini bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, melancarkan pencernaan, dan meningkatkan stamina.

2. Wedang Uwuh

Asal Usul Wedang Uwuh Khas Imogiri, Mengapa Disebut Uwuh?
https://jogja.idntimes.com/food/dining-guide/dyar-ayu-1/asal-usul-wedang-uwuh-khas-imogiri-diperkirakan-ada-sejak-tahun-1630

Wedang uwuh berasal dari Yogyakarta dan terbuat dari berbagai rempah seperti jahe, cengkeh, kayu secang, kayu manis, dan daun pandan. Wedang uwuh kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menangkal radikal bebas, dan melancarkan aliran darah.

Baca Juga: ASN Mulai Pindah ke IKN Secara Bertahap Juli 2024

3. Bandrek

Cara Membuat Bandrek Jahe, Minuman Rempah Berkhasiat | kumparan.com
https://kumparan.com/Resep-makanan/cara-membuat-bandrek-jahe-minuman-rempah-berkhasiat-1y3jwoZcrmr

Minuman khas Jawa Barat ini terbuat dari jahe, gula merah, cengkeh, dan rempah-rempah lainnya. Bandrek bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, meredakan flu dan batuk, serta melancarkan pencernaan.

4. Bajigur

Bikin Bajigur di Rumah Tidak Sulit, Ini Caranya...
https://travel.kompas.com/read/2020/03/30/082729127/bikin-bajigur-di-rumah-tidak-sulit-ini-caranya

Minuman tradisional khas Sunda ini terbuat dari kopi, santan, gula merah, dan jahe. Bajigur bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, meningkatkan stamina, dan mengatasi kelelahan.

5. Sarabba

Minuman Khas Makassar “Sarabba” – Jendela Kuliner Nusantara
https://jendelakulinernusantara.wordpress.com/2016/04/18/minuman-khas-makassar-sarabba/

Minuman khas Sulawesi Selatan ini terbuat dari jahe, gula merah, cengkeh, kayu manis, dan pala. Sarabba bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, meredakan flu dan batuk, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Ie Seureubet

Minuman khas Aceh ini terbuat dari air kelapa muda, gula merah, dan rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, dan kayu manis. Ie Seureubet bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, melancarkan pencernaan, dan meningkatkan stamina.

7. Teh Talua

5 Manfaat Teh Talua Bagi Kesehatan, Minuman Khas Sumatera Barat - Hot  Liputan6.com
https://www.liputan6.com/hot/read/3995241/5-manfaat-teh-talua-bagi-kesehatan-minuman-khas-sumatera-barat

Minuman khas Sumatera Barat ini terbuat dari teh, kuning telur, susu kental manis, dan gula pasir. Teh talua bermanfaat untuk meningkatkan stamina, menambah energi, dan menyehatkan tubuh.

Minuman-minuman di atas merupakan contoh kecil dari kekayaan kuliner Indonesia yang tak hanya lezat, tetapi juga menyehatkan dan bermanfaat bagi tubuh. Menikmati minuman khas Indonesia ini tak hanya akan memanjakan lidah, tetapi juga membantu menjaga kesehatan tubuh.