ASN Mulai Pindah ke IKN Secara Bertahap Juli 2024

44
0

Pemerintah mengumumkan bahwa pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dimulai secara bertahap pada bulan Juli 2024.

“Tahap pertama pemindahan ASN ke IKN akan dimulai pada bulan Juli 2024,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (13/2/2024).

Baca Juga: Film Dokumenter “Dirty Vote” Ungkap Sisi Gelap Politik Indonesia

Anas menjelaskan, tahap pertama pemindahan ini akan memprioritaskan ASN yang bekerja di kementerian dan lembaga (K/L) yang sudah memiliki kantor di IKN.

“Sekitar 1.250 ASN dari 37 K/L akan dipindahkan pada tahap pertama ini,” ujarnya.

Pemindahan ASN ke IKN akan dilakukan secara bertahap dalam beberapa tahap. Tahap selanjutnya akan dilakukan pada tahun 2025 dan 2026.

“Pemerintah akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap proses pemindahan ASN ini,” kata Anas.

Perkembangan signifikan terjadi di sektor telekomunikasi dengan penetapan PT Indonesia Comnet Plus dan PT Telkom Indonesia sebagai pemegang hak perlintasan penyedia infrastruktur telekomunikasi.

Pemerintah berharap pemindahan ASN ke IKN dapat mendorong percepatan pembangunan dan pengembangan IKN.

Pembangunan IKN juga dinilai masih berjalan sesuai target yang telah ditetapkan, capaian itu sebagai bukti komitmen mewujudkan ibukota negara baru Indonesia.