Mendaki gunung sudah menjadi aktivitas umum yang disukai tidak hanya oleh pendaki handal, namun juga pemula. Nah, bila I-Listeners tergolong pendaki pemula, maka gunung-gunung mini atau yang berukuran kecil bisa menjadi alternatif mendaki Anda, seperti Gunung Andong.

Gunung ini terletak di Timur Kabupaten Magelang, tepatnya di perbatasan antara Kecamatan Ngablak dengan Kecamatan Grabag, Jawa Tengah. Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota membuat gunung berketinggian 1.726 meter ini sering dikunjungi wisatawan.

Walaupun termasuk gunung di bawah 2000 meter, Anda tidak boleh meremehkan Gunung Andong. Tetap dibutuhkan persiapan yang matang, kesiapan fisik, peralatan keselamatan, kebutuhan logistik, dan sebagainya.

Jalur utama pendakian melalui Desa Sawit, yang dapat ditempuh kurang satu jam dari pusat kota Magelang. Sebelum memulai pendakian, Anda harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 5.000 setiap orangnya.

Melakukan pendakian di gunung yang bertipe perisai ini membutuhkan waktu selama 2,5 jam. Apabila Anda sudah berpengalaman, Gunung Andong dapat ditempuh dengan waktu 1 jam saja.

Petualangan Anda pun dimulai

Jalur pendakian sampai ke puncak tertata rapi, pengelola setempat sudah membuat jalur berbentuk tangga baik dari bebatuan atau dari bambu. Selain itu, jalur pendakian juga hanya satu jalur sehingga meminimalisir pendaki tersesat dalam perjalanan.

Saat mendaki, Anda dapat menikmati pemandangan perkebunan sayur, pohon-pohon bambu, sampai hutan pohon pinus di sekeliling Anda. Hempasan angin sejuk dan suara kicauan burung juga menemani perjalanan Anda sampai ke puncak Andong. Sungguh pemandangan yang mempesona!

gunung-andong

Anda juga akan melewati rute punuk sapi, di mana di kiri kanan Anda akan langsung menuju jurang tanpa adanya pembatas jalan sebagai pengamannya. Anda harus selalu berhati-hati selama pendakian ini.

Biasanya pendakian dilakukan tengah malam menuju dini hari karena pendaki biasanya mengejar waktu sunrise di puncak.

Malam hari di Puncak Andong sangat syahdu dan mempesona. Anda akan terpukau dan terdiam melihat banyaknya kunang-kunang malam berterbangan di langit hitam yang bersinar bertabur bintang.

Saat matahari mulai menyapa, cahaya kuning keemasan langsung menghipnotis mata.

gunung-andong-4

Langit gelap berganti cerah, seiring munculnya matahari yang memecah birunya langit dan awan putih nan bersih. Pemandangan di depan mata sungguh seperti lukisan karya maestro dunia yang mempesona.

Belum lagi Anda dapat melihat gagahnya gunung-gunung besar yang memagari Gunung Andong, seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu di sebelah Timur, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Slamet di jauh sebelah Barat.

gunung-andong-2

Memori berkesan yang tidak dapat dilupakan, membuat pendaki selalu rindu dan ingin kembali menaklukan keramahan dan pesona Gunung Andong.

Bagaimana I-Listeners, Anda sudah siap menikmati keramahan Gunung Andong? Yuk, siapkan peralatan Anda untuk pendakian ke Gunung Andong!

Untuk lebih tahu tentang Gunung Andong dan wisata Indonesia lain, yuk ikuti media sosial Pesona Indonesia berikut:

Facebook: Indonesia.Travel

Instagram: @indtravel

Twitter: @indtravel

YouTube: Indonesia.Travel

Google+: Indonesia.Travel

[teks Sekar Ayu | foto youtube.com]