Tradisi Unik Yang Hanya Ada di Indonesia

111
0
Tradisi Unik
Tradisi Unik

Indonesia merupakan negara dengan beragam budaya serta keunikan yang dimiliki berbagai daerah yang bernaung di negeri khatulistiwa. Banyak adat serta tradisi yang berbeda-beda dari setiap daerah. Berikut keunikan tradisi yang hanya ada di Indonesia.

Ikipalin di Papua

Ikipalin
Ikipalin

Tradisi pertama berasal dari bagian timur Indonesia tepatnya di Lembah Baliem,Papua. Suku Dani yang menduduki daerah tersebut mempunyai tradisi unik dan terbilang ekstrem yang dinamakan Ikipalin.

Ikipalin merupakan tradisi memotong jari menggunakan benda tajam ketika ada salah satu dari anggota keluarga Suku Dani yang meninggal. Hal ini dilakukan sebagai bentuk mengungkapkan kesedihan dan dipercaya dengan memotong jarinya akan mencegah malatapetkan yang membuat nyawa hilang terulang kembali.

Titi di Kepulauan Mentawai

Titi
Titi

Beralih ke daerah barat Indonesia, Kepulauan Mentawai selain mempunyai pantai yang indah dan terkenal dengan ombak besarnya, daerah yang berada di Sumatera Barat juga memiliki tradisi unik yang bermana Titi. Titi merupakan tradisi mentato diri mereka dengan jarum atau duri tanaman, bambu, serta arang bakar dan air tebu.

Tradisi ini tidak seperti mentato di kota besar, terdapat serangkaian acara seperti upcara adat dan pesta babi. Suku di Kepulauan Mentawai percama bahwa Titi dianggap sebagai lambang keseimbangan antara alam dan penghuninya.

Rambu Solo di Tana Toraja

Rambu Solo
Rambu Solo

Suku Toraja yang berada di Sulawesi Selatan terkenal dengan berbagai tradisi uniknya, terutama dengan hal yang berhubungan dengan kematian. Rambu Solo merupakan upacara pemakaman yang tidak boleh dilewatkan oleh suku Toraja.

Mereka percaya jika tidak dilakukan makan arwah orang yang meninggal akan memberikan kemalangan kepada orang yang ditinggalkan. Tradisi ini biasanya diadakan pada bulan Juli dan Agustus, diikuti dengan memberikan sesaji seperti makanan, minuman,rokok,sirih dan sebagainya.

Baca Juga : Ternyata Ini Rahasia Belum Tersentuhnya Covid di Baduy

Tatung di Singkawang

Tatung
Tatung

Aksi ekstrem layaknya debus menjadi ciri dari tradisi Tatung di Singkawang. Tradisi ini biasanya diadakan saat memperingati Cap Go Meh di Singkawang.

Tatung sendiri mempunyai makna roh dewa dari bahasa Hakka. Orang yang memainkan tradisi Tatung diharuskan untuk menjaga kesaktiannya dengan menjalankan ritual, salah satunya puasa makan daging setiap tanggal satu dan 15 setiap bulannya pada penanggalan Tiongkok.

Pasola di Sumba

Pasola
Pasola

Bagi masyarakat Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, Pasola terus berkembang menjadi tradisi yang turun-temurun. Pasola diadakan saat enyambut masa tanam.

Mayarakat percaya bahwa dengan adanya kecelakaan saat acara berlangsung, hal ini menjadi pertanda baik bagi hasil pertanian. Hingga kini, mereka tetap bertarung saat Pasola guna menjaga tradisi leluhur.

Sumber