Ternyata Ini Rahasia Belum Tersentuhnya Covid di Baduy

326
0
Baduy

Virus Covid 19 atau Corona sudah menyebar ke seluruh pelosok di Indonesia. Bahkan, angka positif virus corona di Indonesia sudah tembus satu juta. Tapi siapa sangka, ada satu daerah yang masih 0 angka positif corona. Daerah tersebut ialah Baduy.

Langkah Cepat

Baduy
Baduy

Ketika virus covid 19 datang ke Indonesia, langkah cepat langsung digerakkan oleh tetua adat Baduy dengan memerintahkan warganya yang ada di perantauan untuk segera pulang. Hal ini juga berlaku bagi warga yang sudah berada di Baduy, untuk dilarang untuk berpergian ke luar kota.

Peraturan ini pun ditaati warga Baduy, yang memang sudah terbiasa untuk isolasi dari dunia luar.

Baca Juga : Berbau Mistis, Ini 5 Tempat Angker di Indonesia

Taat 3M

Baduy corona
Warga Baduy Pakai Masker

Saat beberapa masyarakat kota sering kali melanggar protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan), warga adat Baduy sejak awal virus Corona masuk sudah mematuhi aturan itu.

Walaupun memang masyarakat Baduy terasingkan dari dunia luar, namun hal ini tak membuat mereka dengan seenaknya untuk tidak memakai master ataupun mencuci tangan. Di Baduy pun kini sudah disedikan wastafel di sepanjang pintu gerbang masuk pemukiman serta sering kali dilakukan disinfektan.

Dilarang Berpergian

Warga Baduy
Warga Baduy Jalan Kaki

Sebelum datangnya Covid di Indonesia, masyarakat Baduy sudah terbiasa untuk tidak berpergian ke luar pemukiman. Warga disana sangat menjaga adat serta kelestarian yang sudah dijaga bertahun-tahun.

Selain itu, tidak sembarang wisatawan bisa untuk berkunjung ke sana. Bahkan, masyarakat suku Baduy menginginkan wilayahnya dihapuskan dari peta kawasan wisata Indonesia agar tidak ada wisatawan yang merusak ketenangan yang dimiliki warga disana.