Ternyata Kopi Punya Manfaat Saat Diminum Sebelum Olahraga

12
0
Ternyata Kopi Punya Manfaat Saat Diminum Sebelum Olahraga

I-Listeners, tahukah Anda bahwa meminum kopi sebelum berolahraga memiliki manfaat atau dampak positif bagi tubuh? Kali ini I-Radio membahas mengenai manfaat minum kopi sebelum olahraga yang belum banyak orang ketahui menurut Live Elemental. Simak penjelasannya berikut ini:

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Penulis buku The Warrior Diet and Unlocking the Muscle Gene, Ori Hofmekler mengatakan bahwa minum kopi sebelum dan sesudah olahraga dapat meningkatkan metabolisme hingga 20 persen.

Ternyata Kopi Punya Manfaat Saat Diminum Sebelum Olahraga

Health Magazine juga menguraikan hasil studi 2014 di Spanyol yang diterbitkan dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism bahwa atlet yang mengonsumsi kopi sebelum latihan dapat membakar sekitar 15 persen lebih banyak kalori selama tiga jam setelah latihan. Hal tersebut tentunya lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Dilansir dari Health Magazine, peneliti Jepang menemukan peningkatan 30 persen dalam aliran darah bagi orang yang minum lima ons kopi biasa selama 75 menit.

Hal ini senada dengan yang ditunjukkan oleh Dr. Mercola, konsumsi kopi sebelum olahraga, mampu meningkatkan sirkulasi darah sama dengan peningkatan oksigen jaringan yang dapat meningkatkan kinerja olahraga.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Hasil dari penelitian pada 2005, kopi bisa membuat olahraga lebih mudah. Studi tersebut juga menyimpulkan, bahwa kafein dapat mengurangi tingkat pengerahan tenaga lebih dari lima persen I-Listeners.

Dapat Jaga Otot

Penelitian Universitas Coventry telah meriset bahwa kafein pada kopi mampu membantu mengimbangi hilangnya kekuatan otot yang berkaitan dengan usia. Temuan ini menunjukkan, bahwa kafein dapat membantu menjaga otot seiring bertambahnya usia dan mengurangi risiko cedera.

Baca Juga: Serba-Serbi Final Piala AFF U-16 2022 Indonesia vs Vietnam

Itu dia manfaat minum kopi sebelum olahraga I-Listeners, selamat mencoba!

 

Penulis: Fadia Syah Putranto