Saran Baik untuk Anda yang Ingin Olahraga di Bulan Puasa

29
Olah raga di bulan Puasa
Siapa bilang Anda tidak bisa berolahraga di bulan Ramadan? Walau di bulan ini umat muslim diwajibkan berpuasa selama kurang lebih 13 jam, namun olahraga di bulan puasa bukan hal yang mustahil lho!
Asalkan caranya tepat, maka Anda tetap bisa berolahraga seperti sebelumnya. Lalu, bagaimana sih, cara yang tepat untuk berolahraga di bulan Ramadan? Ikuti 5 tips berikut ini yuk!

1. Olahraga Setelah Buka Puasa

Bagi beberapa orang, tidak melakukan olahraga sehari saja justru bisa membuat tubuh terasa lemah dan kurang fit. Jika Anda salah satunya, maka jangan khawatir karena Anda tetap bisa berolahraga di bulan Ramadan, kok. Namun Anda harus memperhatikan waktu berolahraga nih!
Kapan, dong, waktu yang tepat untuk olahraga di bulan puasa?
Para pakar kesehatan menyarankan untuk berolahraga setelah berbuka puasa. Tidak dianjurkan berolahraga saat puasa, karena saat itu perut Anda sedang dalam keadaan kosong.
Namun ada juga yang menyarankan untuk berolahraga sekitar 30-60 menit menjelang berbuka puasa, karena kondisi perut kenyang saat olahraga justru bisa membuat Anda mual.
Untuk itu, sebaiknya Anda mengenali tubuh Anda sendiri, karena sebenarnya tidak ada pakem kapan waktu terbaik untuk semua orang. Yang perlu dihindari adalah memaksakan olahraga saat berpuasa, yang hasilnya justru membuat Anda merasa lemas, pusing, atau bahkan pingsan!
Baca juga:
Badan terasa panas saat puasa? Hati-hati!
Makanan yang bikin Anda tak mudah lemas saat puasa

2. Pilih Jenis Olahraga yang Ringan

Para pakar kesehatan menyarankan untuk memilih jenis olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang, dan hindari jenis olahraga yang terlalu berat. Contoh olahraga yang tepat dilakukan di bulan puasa antara lain adalah:
• Berjalan,
• Jogging,
• Yoga,
• Berenang,
• Bowling,
• Bersepeda.

3. Berolahraga Seperti Biasa

Yang terpenting, jangan lakukan olahraga yang intensitasnya lebih tinggi dari jenis olahraga yang biasa Anda lakukan. Misalnya, olahraga yang setiap hari Anda lakukan adalah jogging, di bulan puasa ini jangan mencoba olahraga yang lebih berat dari jogging, seperti berlari.

4. Cukupi Kebutuhan Air

Dehidrasi adalah masalah kesehatan yang paling dikhawatirkan jika Anda berolahraga saat sedang puasa. Terlebih, jika Anda olahraga di saat cuaca sedang sangat panas. Nah, untuk mengurangi risiko dehidrasi, maka sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian.
Konsumsi air yang disarankan adalah 2 liter per hari (atau 8 gelas per hari). Saat berpuasa, kebutuhan tubuh akan cairan ini dapat Anda penuhi dengan mengonsumsi 4 gelas air di waktu berbuka, 2 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas di waktu sahur.

5. Jangan Olahraga saat Kenyang

Walau Anda telah berpuasa selama sekitar 13 jam per hari, namun pastikan Anda tidak makan berlebihan di waktu buka puasa atau saat sahur ya! Karena jika Anda dalam kondisi kenyang, perut pun terasa tidak nyaman saat olahraga. Selalu semangat olahraga di bulan Ramadan ya! (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)
Sumber artikel dari Mother and Baby Indonesia