6 Makanan Ini Bisa Bikin Anda Tak Mudah Lemas saat Puasa

43
0

Mudah lemas adalah salah satu tantangan yang sering Anda hadapi saat berpuasa. Wajar saja itu terjadi, Anda kan tidak makan selama 13 jam lamanya.

Jarak waktu makan yang lama tersebut membuat tubuh tidak mendapatkan “suntikan” energi yang dibutuhkan. Inilah yang jadi penyebab kamu merasa lemas dan tidak bersemangat ketika berpuasa.

Namun, tidak mau dong merasa lesu selama berpuasa. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi Anda bisa memilih makanan yang kaya akan energi sebagai menu sahur Anda. Beberapa makanan yang ada di bawah ini dapat membuat Anda tak mudah lelah saat berpuasa. Simak!

Brown rice

Atau yang dikenal juga dengan beras cokelat, kaya akan manganese alias mangan. Ini adalah mineral yang membantu memproduksi energi dari protein dan karbohidrat, membuat energi tubuh Anda dapat terjaga sepanjang hari.

Satu cup brown rice sudah dapat memenuhi 88% kebutuhan harian untuk mangan. Berbeda dengan beras putih yang memiliki kandungan karbohidrat sederhana, brown rice termasuk karbohidrat kompleks. Sehingga, kadar gula darah serta energi Anda akan lebih stabil selama puasa.

Bagaimana menyiapkannya: Anda bisa menggunakan brown rice sebagai pengganti nasi putih. Perlu Anda tahu kalau brown rice tidak sepulen nasi putih, meskipun rasanya tak sepera nasi merah.

Ubi

Sama seperti brown rice, ubi juga termasuk karbohidrat kompleks. Tidak hanya itu, ubi juga memiliki kandungan vitamin C, beta karoten (vitamin A), magnesium, serta zat besi tinggi—yang mana jadi nutrisi penting untuk menjaga energu tubuh.

Makanan ini juga tinggi serat, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Namun, bagi sebagian orang mengonsumsi ubi dapat memicu gas dalam perut bahkan menyebabkan mudah kentut. Untuk mencegah hal ini Anda harus memastikan kalau ubi dimasak hingga matang.

Bagaimana menyiapkannya: Anda bisa merebus atau mengukusnya, kemudian menumbuknya hingga halus seperti mashed potato. Dapat pula digoreng atau dipanggang, menjadi alternatif yang lebih sehati dibandingkan kentang goreng.

Madu

Makanan yang satu ini memang memiliki berbagai khasiat, salah satunya adalah membuat tubuh kamu lebih bertenaga. Jumlah energi satu sendok madu yang natural sama dengan satu energy drink, lho.

Bedanya dengan energy drink, kandungan gula dalam madu adalah gula alami yang dapat secara efektif memberikan energi yang dibutuhkan tubuh. Tidak hanya itu, madu juga dapat menjaga agar kadar gula darah Anda tetap stabil.

Bagaimana menyiapkannya: dengan rasanya yang lezat, Anda bisa mencampur madu dalam teh, yoghurt, atau bahkan dimakan langsung. Cosmo sarankan untuk mengonsumsi setidaknya satu sendok makan tiap hari.

Pisang

Sebagian besar kandungan dari buah yang satu ini adalah gula, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Kandungan yang penting untuk mendapatkan energi bagi tubuh. Sama seperti ubi, pisang juga kaya akan serat yang dapat mencegah Anda merasa cepat lapar saat menjalankan ibadah puasa.

Bagaimana menyiapkannya: terpikir untuk menjadikannya sebagai hidangan pisang goreng atau pisang rebus? Well, memang lezat sih tapi kalau diolah seperti itu Anda akan kehilangan nutrisi penting dari buah yang satu ini. Jadi, langsung saja Anda konsumsi saat buah sudah matang.

Bayam

Ada alasan mengapa tokoh kartun Popeye langsung jadi lebih kuat setelah mengonsumsi bayam. Sebab, sayuran hijau ini memang salah satu makanan yang kaya akan energi.

Bayam memiliki kandungan zat besi yang tinggi, salah satu zat penting dalam proses produksi energi pada tubuh. Bukan cuma itu, bayam juga kaya akan vitamin A, C, K, magnesium, serta folat yang bisa meningkatkan tenaga dan membuat Anda tidak merasa lelah.

Bagaimana menyiapkannya: Anda bisa menggunakannya sebagai bahan sup. Bisa juga ditumis dengan mentega dan bawah putih. Bayam juga jadi bahan yang cocok digunakan untuk smoothies.

Salmon

Ikan yang satu ini terkenal karena kandungan omega-3nya yang tinggi, membuatnya dapat menurunkan kolesterol serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Namun, selain itu salmon juga memiliki kandungan protein, vitamin B6, niacin, dan riboflavin yang mana membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi.

Bagaimana menyiapkannya: jadikan ini sebagai sumber protein kamu saat sahur. Kamu bisa mengukus atau merebusnya, lalu sajikan dengan brown rice serta bayam. Dijamin bikin Anda bertenaga hingga jam buka! (Image: DOK. Instagram)

Source: Cosmopolitan Indonesia

LEAVE A REPLY