Mulai Februari, Tilang Elektronik Berlaku Untuk Pengendara Motor di Jakarta

179
0

Mulai Februari 2020 Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) untuk pengendara sepeda motor di wilayah DKI Jakarta.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar menjelaskan, mekanisme tilang elektronik pada motor tidak berbeda dengan mekanisme tilang pada mobil. Hanya saja ada tambahan kriteria pelanggaran bagi pengendara motor, yakni penggunaan helm.

“(Skema penindakannya) sama seperti ETLE (untuk pengendara mobil). Kan mekanisme enggak berubah, cuma masalah fitur tambahan untuk (pengendara) sepeda motornya saja yakni penggunaan helm,” ungkap Fahri dikutip dari Kompas.com.

Lebih lanjut Fahri menuturkan, nantinya kamera ETLE akan dapat merekam motor yang melakukan pelanggaran di ruas Jl Sudirman-Thamrin. Setidaknya ada 45 titik di ruas jalan tersebut yang dipasangi kamera. Selanjutnya, jika sistem menemukan pengendara yang melanggar lalulintas, Sistem pada e-TLE akan melacak pelat nomor motor di database kepolisian.

“Data kendaraannya yang diambil, kan ada data pemiliknya baru dikonfirmasi pemiliknya. Kalau motor melanggar, nanti sepeda motornya ter-capture pelat motornya disajikan datanya, nanti data di situlah data pemilik kendaraan untuk melakukan konfirmasi,” jelasnya dilansir dari Detik.com.

Namun untuk sementara, tilang elektronik ini baru bisa merekam pelanggaran yang dilakukan sepeda motor berpelat ‘B’.

Untuk diketahui, DKI Jakarta sudah mulai melakukan penerapan tilang elektronik sejak November 2018 lalu. Hanya dalam waktu sepekan sebanyak 62 surat tilang sudah dilayangkan kepada para pelanggar.

Memasuki tahun kedua ini, Ditlantas Polda Metro Jaya memperluas penerapan tilang elektronik. Jika sebelumnya jumlah kamera pengawas yang dipasang hanya sebanyak 12 titik. Mulai 2020 jumlah kamera pengawas yang dipasang ditambah sebanyak 45 kamera.

Sehingga total kamera pengawas menjadi 57 kamera pengawas. Dengan semakin banyaknya kamera yang dipasang akan bisa mendorong pengguna jalan agar lebih tertib dalam berkendara.

[teks timnewsroom/berbagaisumber | foto otomania]