Makanan Indonesia Ini Terbuat dari Bahan Tak Biasa, Mau Coba?

48
0

Keunikan makanan Indonesia tidak cuma sebatas rasa. Bahan baku pembuatannya pun beberapa di antaranya terbilang unik, lho.

Kelelawar, darah hewan, sampai ular mungkin deretan bahan ekstrem yang cukup ngeri untuk dibuat sebagai makanan. Namun, kelima makanan berikut ini menjadi bukti dibuat dari bahan tak biasa.

1. Anyang rawan

Bagi kamu pencinta masakan Minang, jangan cuma tahu nasi padang atau nasi kapau saja. Ada kuliner khas Minang yang unik banget, yakni anyang rawan.

Kuliner yang mulai masuk daftar makanan langka ini terbuat dari tulang sapi, lho. Menariknya lagi, makanan ini tidak diolah menjadi sup, tetapi urap.

Tulang sapi diambil dari bagian tulang lunak kepala, yang kemudian direbus dalam waktu cukup lama supaya sedikit empuk. Setelah itu, tulang dicampur dengan kelapa parut serta bumbu urap.

2. Pagit-pagit

Pagit-pagit merupakan makanan yang populer di Sumatra Utara. Bagi sebagian orang pasti keki begitu tahu bahan bakunya. Namun, sebagian orang lagi gemar mengonsumsi pagit-pagit.

Pagit-pagit sendiri berbahan dasar dari rerumputan yang sudah dimamah atau dimakan oleh hewan, seperti sapi, kerbau, atau kambing. Nah, bahan makanan ini diambil langsung dari usus hewan tersebut, lho. Bisa dibilang merupakan kotoran di usus.

Setelah dikeluarkan dari usus, bahan tersebut diolah kembali dengan bumbu rempah dan santan. Kuliner satu ini biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai lauk.

Baca juga : Ini Dia Makanan Yang Sudah Mendunia

3. Kue ampo

Pelesiran ke Tuban, Jawa Timur, sempatkan untuk membawa pulang oleh-oleh khasnya, yaitu kue ampo. Kue yang sepintas mirip dengan wafer ini dibuat dari bahan baku yang tak biasa.

Bahan tersebut yakni tanah liat. Gak sembarang, tanah liat dipilih jenis tanah latosol. Usai tanah liat diserut, lalu diasapi menggunakan tungku. Tekstur kue ampo sendiri kering, dan renyah. Rasanya sedikit pahit dan unik di lidah.

4. Jenang saren

Jenang saren populer sekali di Jawa Tengah. Tampilan jenang saren memang hitam. Namun, rasanya unik menggoda lidah. Siraman santan bikin rasa jenang saren semakin menarik.

Makanan yang keberadaannya mulai langka ini berbahan dasar kolaborasi gula jawa, tepung ketan, dan sekam padi. Sekam padi ialah bulir atau kulit kering bagian luar padi.

5. Keripik tike

Pernah pelesiran ke Indramayu, Jawa Barat? Selain dodol raragudig, kota ini punya oleh-oleh unik yang mungkin tak bisa dijumpai di daerah lain, yakni keripik tike.

Renyahnya bikin betah ngemil, keripik tike terbuat dari rumput teki, lho. Tepatnya diambil dari bagian umbi rumput teki yang dikolaborasikan dengan bumbu dan tambahan tepung.

Tak sebatas camilan yang menarik di lidah. Konon, keripik tike bisa membantu obati demam, lho.

Makanan di atas jadi bukti kekayaan kuliner Indonesia yang beragam. Tak cuma unik pada proses pembuatan, penyajian, atau pun penamaannya, bahan baku pembuatan kuliner di Indonesia juga amat menarik perhatian.

Source : (idntimes)