Kembali Viral, Ini Fakta Menarik dan Sejarah Dari Menara Saidah

797
0
Fakta Menarik dan Sejarah Dari Menara Saidah

Menara Saidah belakangan ini kembali viral di sosial media dikarenakan salah satu cuitan dari akun @worksfess. Akun tersebut mengaku mendapatkan undangan wawancara kerja di gedung yang sudah tidak berpenghuni sejak 2007 itu.

Menara Saidah dikenal sebagai bangunan yang penuh mistis semenjak tidak beroperasi lagi. Cerita seram terbaru datang dari akun bernama akun @worksfess di media sosial twitter yang mengatakan bahwa ia telah diundang untuk interview kerja di Menara Saidah.

“Work! Emg gedung ini knp nder? Kemarin baru2 ini saya dapat undangan interview di sini, cuma saya posisi di tulungagung, jadi gak dateng,” tulis akun Twitter¬†@worksfess¬†dikutip IDN Times, Rabu (26/1/2022).

Fakta Menarik dan Sejarah Dari Menara Saidah

Menara Saidah sendiri berlokasi di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan. Awalnya gedung ini dibangun pada tahun 1995 dan selesai pada tahun 1998 oleh PT Hutama Karya. Pada awal-awal masa pembangungan gedung ini diberi nama Gedung Gracindo yang dimiliki oleh PT Mustika Ratu.

Tiga tahun kemudan gedung tersebut direnovasi, diresmikan dan diganti nama menjadi Menara Saidah oleh Saidah Abu Bakar Ibrahim. Selain itu, Menara Saidah dialihfungsikan sebagai gedung perkantoran. Kementerian Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia juga pernah menyewa tempat di Menara Saidah untuk dijadikan sebagai kantor.

Fakta Menarik dan Sejarah Dari Menara Saidah

Bentuk gedung dari Menara Saidah bisa dibilang unik dengan mengusung desain arsitektur Romawi. Menara yang memiliki 28 lantai ini dibangun dengan biaya mencapai Rp 50 miliar.

Namun, bangunan dari Menara Saidah harus ditutup pada tahun 2007 dikarenakan pondasi gedung miring akibat kesalahan konstruksi yang dapat membahayakan keselamatan penghuni. Pihak pemilik dan Suku Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) tidak memberikan penjelasan terkait dengan penutupan Menara Saidah.

Setelah kosong bertahun-tahun banyak kejadian aneh di Menara Saidah yang dialami oleh masyarakat sekitar. Sejumlah ojek online juga mengaku kerap menerima order penumpang maupun pengiriman paket ke gedung tersebut

Bahkan, ada mitos yang mengatakan bahwa Menara Saidah dihuni wanita bergaun merah di lantai tiga gedung serta makhluk halus seperti ular dan macan.

Sisi angker dari Menara Saidah ini pun membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata horor di Jakarta. Orang-orang seringkali mengunjungi untuk melihat Menara Saidah dari dekat, bahkan dari dalam.

Hingga kini Menara Saidah bagaikan gedung terbengkalai yang berada di pusat kota. Meski sudah tidak beroperasi, masih saja sejumlah misteri masih tersimpan di gedung tersebut.

Baca Juga: Keji! Anak Punk Perkosa Perempuan Difabel Dengan Cekoki Miras

Ada yang pernah masuk ke dalam Menara Saidah, I-Listeners?

 

Penulis: Rifqi Fadhillah