Jelang Kemerdekaan RI, Arsip dan Mobil Kepresidenan Dipamerkan di Sarinah

28
0
Jelang Kemerdekaan RI, Arsip dan Mobil Kepresidenan Dipamerkan di Sarinah

Menjelang perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Arsip dan Mobil Kepresidenan RI resmi gigelar di Sarinah mulai hari Sabtu (13/8/22) hingga 22 Agustus 2022.

Erick Thohir selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berharap dengan digelarnya Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan tersebut diharapkan masyarakat Indonesia khususnya generasi milenial Indonesia semakin memiliki ketertarikan untuk mempeljari sejarah bangsa.

Jelang Kemerdekaan RI, Arsip dan Mobil Kepresidenan Dipamerkan di Sarinah

“Ini akan menjadi daya tarik bagi milenial untuk mengenal sejarah bangsa. Pameran ini menceritakan bagaimana7 presiden kita menjawab tantangan dan ujian yang datang silih berganti menerpa Indonesia dan dunia,” kata Erick Thohir dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/8/2022).

Erick Thohir juga mengungkapkan selain sebagai arena pembelajaran, pameran sejarah tersebut bertujuan untuk menguatkan branding Sarinah. Bukan hanya sekedar menjadi etalase bagi produk UMKM lokal, tapi juga sejarah Indonesia. Dirinya juga mengatakan bahwa pameran tersebut juga menjadi kado bagi HUT ke-77 RI.

Jelang Kemerdekaan RI, Arsip dan Mobil Kepresidenan Dipamerkan di Sarinah

Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan tersebut diinisiasi oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Pameran ini turut menampilkan koleksi arsip Kemensetneg berbentuk dokumen, foto, video dokumenter. Kisah memorabilia bagaimana Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo bekerja dalam memimpin bangsa Indonesia juga ditampilkan.

Koleksi arsip berisi cerita bagaimana Presiden Soekarno membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa merdeka. Kemudian dilanjutkan oleh era Presiden Soeharto yang dengan upayanya mengendalikan laju populasi di Indonesia melalui Program KB dan mengatasi laju inflasi melalui Gerakan Gemar Menabung.

Dilanjutkan dengan arsip Presiden Habibie yang meletakkan dasar demokrasi di Indonesia melalui kebijakan kebebasan pers. Arsip era Presiden Abdurrahman Wahid menunjukkan aneka kebijakan yang ditempuh dalam upaya menjaga integrasi NKRI dan penyatuan keberagaman.

Jelang Kemerdekaan RI, Arsip dan Mobil Kepresidenan Dipamerkan di Sarinah

Arsip Presiden perempuan pertama Megawati juga ditampilkan untuk menggambarkan tonggak sejarah terwujudnya Pemilu Presiden dan Wakil Presiden secara langsung, serta upaya pemberantasan korupsi dan terorisme. Sedangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, arsip yang ditampilkan adalah upaya untuk mempertahankan stabilitas ekonomi pasca bencana tsunami Aceh.

Terakhir asip Presiden Joko Widodo terkait upaya mengendalikan dan mengatasi pandemi Covid-19 yang mengancam stabilitas ekonomi bangsa. Seluruh momen sejarah perjalanan bangsa Indonesia tersebut terekam dengan baik dalam media arsip yang terdiri atas 44 berkas arsip tekstual, 104 arsip foto, 4 arsip video, dan 2 arsip audio.

Baca Juga: 5 Mitos Danau Toba Dari Naga Sampai Ikan Mas Raksasa

Bagi I-Listeners yang tertarik mengunjungi pameran, Anda bisa datang ke lantai GF (Ground Floor), Lantai 1, dan Lantai 2 Gedung Sarinah, Jakarta.

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Redaksi
Latest posts by Redaksi (see all)