5 Mitos Danau Toba Dari Naga Sampai Ikan Mas Raksasa

2197
0
5 Mitos Danau Toba Dari Naga Sampai Ikan Mas Raksasa

Misteri di Danau Toba yang merupakan salah satu destinasi wisata populer di Sumatera Utara masih menjadi perbincangan masyarakat.

5 Mitos Danau Toba Dari Naga Sampai Ikan Mas Raksasa

Selain memiliki keindahan alam yang mempesona, danau yang tertelat di tengah-tengah Pulau Sumatera bagian utara tersebut menyimpan sejumlah mitos yang masih banyak dipercayai oleh warga sekitar. Lantas, apa saja mitosnya, simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Naga Penghuni Danau Toba

Mitos mengenai naga penghuni Danau Toba masih dipercaya oleh sejumlah masyarakat. Naga penghuni danau dianggap merupakan anak dari pria bernama Toba yang berubah menjadi seekor naga yang hingga kini menjaga danau tersebut.

2. Batu Gantung Menangis

Salah satu ciri khas wisata Danau Toba adal Batu Gantung Menangis yang berada di Tepi Danau Toba, Kecamatan Parapat, Kabupaten Simalungun. Mitos yang menyelimuti fenomena Batu Gantung bermula dari cerita seorang gadis bernama Seruni yang dipaksa dijodohkan oleh orang tuanya.

Akan tetapi, Gadis itu menolak untuk dijodohkan karena sudah memiliki pria idamannya. Kemudian dirinya memutuskan untuk bunuh diri dengan cara melompat dari tepi jurang Danau Toba. Seruni saat itu memutuskan untuk terjun dari tepi jurang Danau Toba bersama anjing kesayangannya. Namun, ketika melompat rambut Seruni tersangkut di ranting pohon.

3. ‘Santabbi Oppung’

Selanjutnya ada Mitos salam ‘Santabbi Oppung’. Menurut masyarakat setempat, salam ini merupakan bentuk tata krama yang bertujuan bahwa kita meminta izin mampir ke wilayah tesebut. Hal ini karena perecayaan mendatangi tempat-tempat alam terbuka yang ada ‘penghuninya’.

4. Begu Ganjang

Begu Ganjang merupakan mahluk mistis dengan perawakan yang tinggi dan berambut panjang serta kerap disebut jika ada fenomena dianggap aneh, semisal warga yang tiba-tiba sakit atau meninggal mencurigakan.

Begu Ganjang sendiri disebut sebagai hantu yang digunakan oleh orang yang memiliki ilmu hitam untuk guna-guna atau santet. Ada juga yang percaya bahwa Begu Ganjang disebut sebagai sosok penjaga kebun jeruk milik warga untuk menjaga jeruk milik mereka.

5. Ikan Mas Raksasa

Mitos paling terkenal di Danau Toba yaitu Ikan Mas Raksasa. Berdasarkan cerita turun temurun itu, ikan tersebut bisa berbicara dan memohon kepada orang yang menangkapnya agar tidak dimasak. Selain itu juga dianggap bisa berubah menjadi putri yang sangat cantik.

Cerita lain adalah sosok pria bernama Toba yang menikahi putri cantik jelmaan ikan mas. Namun, putri itu menyampaikan satu permintaan yang harus dipatuhi olehToba, yakni tak boleh ada yang tahu soalasalusulnya. Kemudian, dari pernikahan tersebut, mereka memiliki putra yang diberi nama Samosir.

Bagaimana I-Listeners apakah Anda percaya mitos Danau Toba di atas?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto