Hati-Hati! Jangan Suka Simpan Barang Tak Berguna

6721
0
jangan sukan simpan barang tak berguna

Kebiasaan orang Indonesia sangatlah unik. Salah satunya suka menyimpan barang yang sudah tidak terpakai. Contoh kecil mulai dari struk bayar parkir, tiket bioskop yang sudah terpakai, hingga merek baju yang disimpan.

Sadar ataupun tidak, seringkali I Listeners melakukannya lho. Bukan karena malas membuang, tetapi terdapat penjelasan ilmiah mengenai hal ini.

jangan sukan simpan barang tak berguna

Dilansir Alodokter.com, Hoarding Disorder merupakan sebuah perilaku dimana seseorang menimbun atau menyimpan barang-barang yang sebenarnya tidak terpakai karena dianggap memiliki bersejarah ataupun dapat berguna di kemudian hari.

Seringkali tumpukan barang tersebut seperti sampah yang tak terurus. Biasanya gejala yang ditimbulkan dari Hoarding Disorder adalah sulit mengambil keputusan.

(freepik.com)

Penyebabnya beragam. Mulai dari kesepian hingga depresi berat. Berbeda dengan kolektor, penderita ini tidak menyimpan barang-barang yang terbilang mahal dan cenderung seharusnya dibuang saja. Penyimpanan barang yang sembarangan juga menjadi salah satu ciri bagi penderita Hoarding Disorder.

Kelainan ini cukup sulit ditangani bila sudah memasuki usia baya. Tetapi dapat dilakukan penanganan psikoterapi, terapi perilaku kognitif. Terapi ini membantu penderita untuk memilah mana barang yang harus dibuang, menyadari menyimpan barang yang tidak terpakai tidak ada gunanya, dan belajar menghindari menyimpan barang tak berguna.

Baca Juga : Inilah Fakta Yang Jarang Diketahui Dari Gunung Padang, Bukan Dibuat Alien!

Konsultasi dengan psikiater merupakan langkah awal yang tepat untuk menangani Hoarding Disorder.