Flu Melanda, Berikut Perbedaan Gejala Flu Biasa dan Covid-19

36
0
Flu Melanda, Berikut Perbedaan Gejala Biasa dan Covid-19

Belakangan ini penyakit flu melanda warga Indonesia seiring dengan tren peningkatan kasus Covid-19 yang kembali mengalami kenaikan.

Salah satu faktor utama yang menyebabkan masyarakat Indonesia rentan terkena flu biasa maupn Covid-19 adalah protokol kesehatan yang semakin longgar dan gejala Covid-19 yang dianggap ringan. Kehadiran subvarian baru yaitu Omicron BA.4, BA.5 sampai yang terkini BA.2.75 memiliki gejala mirip Omicron. Namun, Sebagian orang menganggap Covid-19 seolah flu biasa sebab memiliki kemiripan gejala.

Flu Melanda, Berikut Perbedaan Gejala Biasa dan Covid-19

Lantas, apa perbedaan gejala Covid-19 dan flu biasa?  Covid-19 maupun flu biasa umumnya memiliki gejala salah satunya batuk. Namun, batuk pada Covid-19 cenderung kering, sedangkan batuk pada flu biasa cenderung batuk berdahak.

Meski begitu, Fathiyah Isbaniah selaku dokter spesialis paru-konsultan RSUP Persahabatan, mengingatkan untuk tetap waspada meski Anda mengalami batuk berdahak. Dirinya mengungkapkan bahwa cukup sulit membedaka terkena Covid-19 atau hanya flu biasa. Karena gejalanya tidak akan jauh-jauh dari demam, batuk, pilek dan sakit tenggorokan.

Flu Melanda, Berikut Perbedaan Gejala Biasa dan Covid-19

“Kalau batuk, harus waspada dulu. Bisa aja Covid-19, ada infeksi sekunder lalu batuk berdahak. Infeksi sekunder bisa dari kuman, dari mulut, apalagi para perokok, cepat sekali jadi infeksi,” kata Fathiyah mengutip CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Baca Juga: 5 Mitos Danau Toba Dari Naga Sampai Ikan Mas Raksasa

Untuk memastikan apakah terjangkiut flu biasa atau Covid-19, sebagiknya Anda tidak mengabaikan dengan gejala-gejala Covid-19. Berikut gejala Covid-19 yang tidak boleh disepelekan.

1. Pilek
2. Tenggorokan sakit
3. Bersin
4. Kelelahan ekstrem
5. Batuk
6. Sakit kepala
7. Badan lemas

Jika I-Listener merasakan gejala tersebut, sebaiknya melakukan tes PCR untuk mengetahui penyakit secara jelas.

 

Penulis Fadia Syah Putranto

Redaksi
Latest posts by Redaksi (see all)