Film ‘Tjoet Nja Dhien’ Hasil Restorasi Tayang Kembali di Bioskop

20
0

Aktris Christine Hakim mengaku senang dan bersyukur film ‘Tjoet Nja Dhien’ yang ia bintangi pada tahun 1988 kini direstorasi dan ditayangkan kembali di bioskop Indonesia.

Eros Djarot membeberkan bahwa Film tersebut direstorasi ulang oleh pihak pemerintah Belanda dengan dana miliran rupiah.

Padahal Eros mengakui bahwa ketika dirinya membuat film itu di tahun 1988, dirinya bersama para pemain lain tak mendapat uang sama sekali. Sehingga tak ada modal untuk melakukan restorasi sendiri.

“Sangat apresiasi dan kalau enggak salah itu sampai 3M (rupiah) merestorasinya,” beber Eros Djarot di Plaza Senayan Jakarta Selatan, Kamis (20/5) seperti dikutip dari Tribunnews.com.

“Kita sih nggak dapet duit sama sekali tapi terima kasih sudah direstorasi supaya film seperti ini tidak hilang dan hasilnya bagus. Jadi ya merasa berterima kasih aja,” kata Eros Djarot.

BACA : Film Indonesia di Mata Cristine Hakim

Christine Hakim sebagai pemeran Tjoet Nja’ Dhien menjelaskan alasan pemerintah Belanda tertarik untuk merestorasi film tersebut.

“Ide restorasi ini datang dari pihak Belanda, pihak sana menyebut ini satu-satunya film tentang kolonialisme yang tidak menyudutkan kolonial,” beber Christine Hakim.

Sebagai informasi, pemutaran kembali film Tjoet Nja’ Dhien memberi kesempatan ke masyarakat dan para pecinta film untuk menikmati kembali film yang menyabet 8 Piala Citra di Festival Film Indonesia pada 33 tahun silam.

Film Tjoet Nja’ Dhien juga pernah ditayangkan di Festival Film Cannes, Perancis, pada 1989. Film hasil restorasi di Belanda itu hanya bisa disaksikan di lima bioskop di Jakarta. Masing-masing di Pondok Indah Mall 1, Plaza Senayan, Trans Studio Mall Cibubur, Blok M Square dan Bekasi.

Pemutaran perdana sengaja dipilih pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei kemarin.

[teks timnewsroom/tribunews.com]