Ini Dia 3 Danau Terluas di Indonesia

124
0
Ini Dia 3 Danau Terluas di Indonesia

Indonesia sudah lama dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan alam melimpah. Baik kekayaan laut, keseburan tanah, gunung-gunung sampai danau yang ada di Indonesia. Kali ini I-Radio akan membahas salah satu dari kekayaan alam Indonesia yaitu 3 danau terluas di Indonesia. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Danau Toba

Di posisi pertama tentunya ditempati oleh Danau Toba yang memiliki luas 1.130 kilometer persegi dengan panjangmencapai 100 kilometer dan lebarnya 30 kilometer. Danau tersebut terletak di Sumatera Utara dan menjadi salah satu danau yang terkenal di dunia internasional.

Ini Dia 3 Danau Terluas di Indonesia

Danau Toba memilikikeunikan yaitu Pulau Samosir yang berada di tengah danau. Pulau Samosir sendiri memiliki danau di tengahnya, yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Danau ini terbentuk akibat letusan gunung berapi yang menyebabkan terbentuknya kaldera yang besar dan terisi air.

2. Danau Towuti

Terletak di Sulawesi Selatan, Danau Towuti memiliki luas Danau Towuti adalah 561,1 kilometer persegi yang membuatnya menempati posisi kedua. Bukan hanya luas, danau ini juga sangat dalam yang mencapai 203 meter.

Ini Dia 3 Danau Terluas di Indonesia

Danau Towuti sendiri terbentuk dari hasil pergerakan lempeng tektonik yang juga memisahkan Sulawesi Selatan dengan Sulawesi Tenggara. Keunikan utama dari Danau Towuti adalah 14 hewan endemik yang hanya ditemukan di sini, diantaranya Crocodylus porosus dan Hydrosaurus amboinensis.

3. Danau Tempe

Masih beraa di Sulawesi Selatan, danau bernama Tempe memiliki luas luas 350 kilometer persegi. Danau tersebut diyakini sebagai teluk yang memisahkan Toraja dengan Sulawesi Selatan.

Ini Dia 3 Danau Terluas di Indonesia

Masyatakat yang hidup di sekitar danau ini masih sangat tradisional. Danau Tempe telah menjadi sumber mata pencaharian penduduk sekitar dengan mencari ikan sejak lama lho I-Listeners.

Baca Juga: Fakta-Fakta DKI Jakarta yang Belum Banyak Diketahui

Itu dia 3 danau terluas di Indonesia, adakah diantara I-Listeners yang ingi mengunjungi ke salah satu danau terluas di Indonesia tersebut?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto