5 Cara Ampuh Atasi Ngantuk Saat Puasa

6
0
5 Cara Ampuh Atasi Ngantuk Saat Puasa

Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa rasa ngantuk saat puasa menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh umat muslim khususnya di Indonesia.

Hal ini karena saat puasa harus bangun dini hari untuk sahur yang memengaruhi waktu tidur umat muslim. Langsung saja simak 5 cara ampuh atasi ngantuk saat puasa berikut ini.

1. Mandi air dingin

Bagi I-Listeners yang biasa mandi menggunakan air hangat, seperinya Anda harus mengubah dengan air dingin di bulan puasa ini.

Mandi dengan air dingin bisa membuat tubuh terasa segar dan tak lagi ngantuk. Ini karena suhu air dingin akan melancarkan sirkulasi darah dan memberi energi pada tubuh.

2. Atur jam tidur berkualitas

Jika tidak ada kebutuhan mendesak, sebagiknya hindari tidur larut malam. Tidurlah lebih cepat dari biasanya, atau tidur lepas salat Tarawih.

5 Cara Ampuh Atasi Ngantuk Saat Puasa

Hal tersebut bisa membuat tubuh mendapat cukup istirahat dan bisa bangun sahur tanpa rasa malas dan terhindar dari ngantuk pada siang hari.

Baca Juga: Melihat Nasib World Beach Games 2023 di Bali

3. Wudhu

Selain menjaga diri agar tetap suci, wudhu dengan air dingin bisa membuat wajah dan tubuh jadi lebih segar.

5 Cara Ampuh Atasi Ngantuk Saat Puasa

Mengusap air ke wajah melalui wudu memberi sinyal perubahan suhu pada tubuh untuk lebih terjaga sehingga Anda dapat berkonsentrasi kembali pada pekerjaan.

4. Peregangan

Ketika sudah mulai ada tanda-tanda mengantuk, cobalah beristirahat dan lakukan peregangan sederhana untuk melemaskan otot-otot Anda agar tak kaku.

5. Latihan pernapasan

Selanjutnya ada cara untuk mengusir ngantuk saat puasa dengan menerapkan cara pernapasan yang baik alias mengontor pernapasan. Ini berguna dalam menjaga Anda tetap fokus dan berenergi.

Menurut Anda, cara mana yang paling ampuh untuk mengatas rasa ngantuk saat puasa I-Listeners?