Jika berbicata tentang wawancara, baik wawancara kerja, beasiswa ataupun sekolah, CV menjadi salah satu andalan untuk menunjukkan performa dan keunggulan yang dimiliki. Seperti prestasi yang pernah diraih dan berbagai pengalaman pribadi Anda.

Namun tahukah Anda, bahwa suara Anda yang sesungguhnya memiliki kekuatan lebih menarik dalam memenangkan suatu percakapan dalam wawancara.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Nicholas Epley dan Juliana Schroeder di University of Chicago yang berjudul The Sound of Intellect Speech Reveals a Thoughtful Mind, Increasing a Job Candidates Appeal tahun 2015, diketahui bahwa perusahaan cenderung mudah tertarik dengan pelamar yang berkompeten ketika mereka mendengar pelamar tersebut berbicara saat wawancara, bukan apa yang tertulis pada CV.

Epley dan Schroeder juga menyimpulkan mengapa suara dapat menjadi kekuatan yang diandalkan, karena suara dapat menunjukkan integritas dan kesiapan diri terkait pekerjaan yang dilamar. Suara seseorang tidak hanya menggambarkan pemikiran dirinya, melainkan juga kapasitas diri sebagai orang yang mampu berpikir logis dan sistematis. Inilah hal-hal yang menjadi nilai terbesar dalam penilaian wawancara kerja.

Jadi, apakah Anda telah menunjukkan suara lantang Anda di hadapan pewawancara kerja?

TEKS: KINASIH DWI
EDITOR: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE
Source: Esquire

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

Baca juga:
Peduli lingkungan dalam IRadio Sapu Bersih
Takut ledakan, Virzha berakting adegan tembakan di video klipnya!
Nada Promotama bawa Liam Gallagher konser di Jakarta!