Di IRadio Keliling (16/12) bersama Feli Sumayku dan Kamal Rasyid, kita kedatangan seorang travel blogger yang sudah tidak asing lagi dan memiliki banyak followers di Instagram. Siapa lagi kalau bukan Satya Winie.

Satya men-sharing bagaimana pengalamannya saat dia pergi ke salah satu pulau yang terletak di Maluku Tengah, yaitu Banda Neira yang dia alami sekitar dua tahun yang lalu.

Mahal atau murahnya untuk pergi ke Banda Neira tergantung berapa waktu yang kita punya untuk liburan kita lho, I-Listeners!

Jika kita memiliki banyak waktu, kita bisa berpergian menggunakan kapal dari Surabaya ke Ambon memakan waktu 4 hari, dan dari Ambon ke Banda Neiranya bisa menggunakan kapal cepat yang memakan waktu 12 jam.

Akomodasi bagi yang menggunakan pesawat, sudah dengan penginapan dan jalan-jalan bisa mencapai 6 juta rupiah untuk liburan selama seminggu. Untuk yang menggunakan kapal, akomodasinya 3 juta rupiah dengan waktu liburan 2 minggu.

Bisa juga menggunakan pesawat, dari Jakarta ke Ambon yang memakan waktu 2 jam, dan dari Ambon ke Banda yang hanya memakan waktu 45 menit. Tapi budget harus gede juga nih, I-Listeners.

Di Banda Neira itu sebenarnya ada 11 pulau, ada yang kecil ada yang besar. Ada Neira, Banda Besar, Pulau Ay, Pulau Rhun, Pulau Hatta, Pulau Sjahrir, Pulau Gunung Api, Nailaka, Manukang, Batu Kapal dan Karaka,” ujar Satya.

Satya mengatakan, yang paling sering dikunjungi adalah Neira dan Banda Besar, karena dua pulau itu paling besar dan banyak tempat-tempat yang bisa dikunjungi. Di sini kita juga bisa diving nih, I-Listeners.

Selain wisata air, di Neira dan Banda Besar juga ada wisata sejarah dan budaya, seperti mengunjungi rumah pengasingan Bung Hatta, Gereja tua Banda, dan masih banyak lagi.

Dan kita juga bisa merasakan pengalaman hiking di Gunung Api Banda. Di sana, spot biking-nya juga banyak. Gunung itu masih aktif, dan kita bisa melihat api-api yang ada di gunung itu.

Untuk kulinernya juga gak kalah seru. Kita bisa menikmati berbagai macam kuliner Banda seperti selai pala, jus pala, berbagai macam seafood, dan masih banyak lagi.

Bagi kalian yang mau melihat perjalanan Satya ke mana saja, dan yang tentunya yang kepo dengan Singkawang, kalian bisa follow Instagram Satya @satyawinnie.

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini. [teks Andre Fransisco]

Baca juga:
Video musik terbaru Armand Maulana, “Sebelah Mata”
Cerita album terbaru dari Tompi
Seru-seruan bareng Osvaldorio di Masih Sore-Sore