Terletak di barat laut Pulau Sumatra, Pulau Weh masih jarang terjamah. Padahal lokasi yang diapit terumbu karang yang hidup dan memesona ini menawarkan surga bagi backpacker, wisatawan, dan penyelam.

Selain danau air tawar, bukit, pemandangan bawah laut, pantai-pantai di Pulau Weh menjadi destinasi yang sangat sayang untuk tidak diintip keindahannya.

Sebut saja Pantai Anoi Itam yang terkenal memiliki pasir hitam, lalu Pantai Sumur Tiga yang pas untuk memandangi matahari terbit, dan Pantai Gapang yang cocok bagi pencinta diving.

Selain ketiga pantai itu, ada satu yang juga menjadi favorit wisatawan saat menyambangi Pulau Weh. Ia adalah Pantai Iboih.

Selain memiliki air dangkal, tenang, dan jernih, pantai yang terkenal di kalangan backpacker ini juga menyajikan kehidupan sederhana dengan cakrawala desa nelayan.

Berbagai akomodasi tersedia dan Anda bisa menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Ada pondok kayu, jika ingin merasakan suasana sederhana, atau bungalo yang menawarkan suasana ternyaman.

Menyelam merupakan salah satu kegiatan yang paling dikenal di Pulau Weh. Ombak di sini juga kuat dan menyenangkan untuk berselancar.

Pulau ini juga menawarkan hal menarik lain seperti wisata air terjun, gunung berapi, air panas, bunker Jepang dari Perang Dunia II, kuburan bersejarah, Durian Keramat (Durian suci), dan kota Sabang.

Soal kuliner, makanan hasil laut memang menjadi andalannya. Anda bisa mengunjungi resotran Bungong Sakura di Ujong Kareung, Mama Jungle, Dang Dang Na, Naguna, dan Café Coco di Gapang, atau Olala, 7 Bungalows, dan Chill Out di Iboih.

Soal transportasi Anda dapat menggunakan feri di pagi hari dari Banda Aceh. Dari pelabuhan Ulee Lheue untuk sampai Pantai Gapang, perjalanan butuh beberapa jam.Jika Anda memutuskan untuk naik speedboat waktu tempuh menjadi lebih singkat, yakni 45 menit saja.

Anda bisa memilih ragam transportasi berbeda sesampainya di Pulau Weh. Mulai dari minibus, sepeda motor dan becak roda tiga. Anda juga bisa menjelajahi pulau ini dengan menyewa mobil.

IListeners mau ikutan kuis TTS berhadiah mobil? Buruan daftar dan download formulirnya DI SINI!

[teks @pria_nastar / sumber indonesia.travel.co.id | foto indonesia.travel.co.id]
Baca juga:
Andien melesat ke puncak Indonesia 40
Monkey To Millionaire rilis album “Tanpa Koma”
Canyoning di air terjun Gitgit Bali

SHARE