Mengatur pengeluaran bulanan dari penghasilan yang Anda dapatkan setiap bulannya memang tidak mudah. Selalu ada saja hal-hal yang membuat pengeluaran Anda membengkak sehingga Anda sulit untuk menabung. P

adahal, alangkah baiknya jika dapat menabung minimal sebanyak 10 persen dari total penghasilan setiap bulannya, sehingga Anda memiliki dana cadangan yang cukup untuk rencana masa depan dan menutupi biaya tak terduga.

Berikut adalah tiga tips cerdas dan mudah dalam mengatur pengeluaran bulanan Anda agar lebih efisien.

1. Buat daftar pengeluaran dan mengeceknya dua kali
Membuat daftar pengeluaran adalah hal yang mudah dilakukan, namun sulit untuk konsisten mengaplikasikannya. Oleh karena itu, perhatikan kembali rencana pengeluaran yang telah Anda susun ketika hasrat untuk mengeluarkan dana lebih muncul di diri Anda.

Dengan konsisten berpatokan pada rencana keuangan tersebut, maka Anda akan dengan sendirinya berpikir jernih dalam memutuskan seberapa besar pengeluaran yang hendak dikeluarkan, termasuk ketika harus memenuhi kebutuhan yang tidak terduga.

2. Pandai membaca harga

Luangkan waktu sejenak untuk membanding-bandingkan harga berbagai kebutuhan Anda sehingga prinsip ekonomi yang sesungguhnya dapat Anda raih. Sebagai contoh, ketika hendak berbelanja di bulanan di supermarket, sebaiknya manfaatkan situs berbagai supermarket untuk mengecek harga promo pada periode tertentu.

Dengan semakin tingginya perkembangan teknologi informasi saat ini, bahkan harga berbagai produk dan jasa dapat dengan mudah diakses oleh banyak orang. Selain itu, pengalaman pribadi atau pun teman dalam beberlanja juga dapat menjadi referensi Anda sebelum menukarkan uang dengan beragam kebutuhan yang Anda perlukan.

3. Kurangi frekuensi penggunaan kartu kredit
Kartu kredit bukanlah produk yang jahat, karena ia dapat membantu Anda di waktu yang terduga ketika Anda kehabisan uang tunai dan sulit menemukan ATM.

Namun jika Anda justru keasyikan menggunakan kartu kredit karena alasan lebih praktis, justru hal tersebut akan melenakan Anda dan mengakibatkan kerugian di belakang. P

ikirkan bahwa jika Anda sering menggunakan  kartu kredit, sekalipun ada batas pemakaiannya, maka akan semakin besar pula biaya yang akan dibayarkan nantinya. Bunga dan pajak adalah hal-hal yang dapat membuat tagihan kartu kredit berada di luar yang Anda duga.

TEKS: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE
Source: Esquire

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

Baca juga:
UFF17 Kuliner Indonesia harum di mancanegara
5 Hal menarik di The Halal Guys Indonesia
Sinamot: Teater musikal filosofi pernikahan Batak

 

SHARE