Yogyakarta Punya Bandara Multifungsi, Bisa Jadi Tempat Wisata

27
0
Yogyakarta Punya Bandara Multifungsi, Bisa Jadi Tempat Wisata

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ternyata punya bandara multifungsi yang juga menjadi destinasi wisata masyarakat umum maupun pelancong.

Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo, bukan hanya sekadar bandara, tapi bisa menjadi alternatif untuk berwisata.

YIA menggantikan Bandara Adi Sutjipto sebagai bandara utama di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kapasitas terminal YIA mampu menampung hingga 20 juta penumpang per tahun.

Yogyakarta Punya Bandara Multifungsi, Bisa Jadi Tempat Wisata

Lokasi YIA berada di Palihan, Temon, Kulon Progo, DIY. YIA sendiri diresmikan pada 28 Agustus 2020 dan bandara yang memiliki desain megah serta modern.

Dikelola PT Angkasa Pura I, YIA bisa memberikan pengalaman lain kepada pengguna jasa. YIA menjadi pusat atraksi dan destinasi bagi masyarakat umum maupun pelancong.

Yogyakarta Punya Bandara Multifungsi, Bisa Jadi Tempat Wisata

Selain dilengkapi fasilitas modern, YIA juga menghadirkan instalasi karya seni serta ornamen dan desain interior khas Jawa. Instalasi seni di YIA yang ikonik antara lain Lawang Papat, Tamansari, dan Patung Bedhaya Kinjeng Wesi.

Baca Juga: Ada Wacana PNS Paruh Waktu? Ini Penjelasannya

Ada lima fakta menarik YIA yang perlu Anda ketahui seperti, bandara ini terintegrasi, lalu memiliki konsep greenship building. Selain itu terdapat ragam artworks di dalamnya. YIA merupakan bandara dengan area UMKM terbesar. Kemudian, di YIA pelancong bisa menemukan Science Corner.

Terdapat sejumlah spot-spot foto, ini cocok bagi calon penumpang yang gemar berfoto-foto dan aktif di media sosial. Nantinya, YIA diharapkan bukan lagi sekadar bandara, tapi merupakan aerocity yang menjadi tujuan gaya hidup.

Tertarik berwisata ke Yogyakarta International Airport?