Tidak Begitu Tersorot, Deretan Olahraga Ini Punya Prestasi Gemilang di 2022

27
0
Tidak Begitu Tersorot, Deretan Olahraga Ini Punya Prestasi Gemilang di 2022

Sepanjang 2022, ada beberapa cabang olahraga yang sukses menyumbang prestasi bagi Indonesia.

Indonesia punya sejumlah prestasi ciamik di bidang olahraga sepanjang tahun 2022 ini. Sebagian prestasi tersebut diraih dari cabang olahraga yang bisa dibilang tidak terlalu disorot publik.

Ya, beberapa olahraga memang sangat populer dan sering disorot hingga mendapat perhatian besar dari masyarakat seperti sepak bola dan bulutangkis. Ada pula yang tak terlalu banyak disorot seperti bridge dan karate.

Kendati tidak mendapat banyak sorotan, bukan berarti suatu olahraga tidak bisa berprestasi. GNFI punya catatan tentang sejumlah olahraga yang tak terlu banyak disorot namun mampu meraih prestasi di kancah internasional. Berikut daftarnya.

1. Bridge

Indonesia adalah jawara Asia di bidang bridge. Ini terlihat dari keberhasilan Indonesia menjadi juara di kejuaraan Bridge tingkat Asia bertajuk 4th Bridge Championship Asia Cup 2022.

Indonesia adalah tuan tuan rumah 4th Bridge Championship Asia Cup 2022. Para jago bridge seantero Asia berkumpul dan mengadu kemampuan di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, pada Oktober 2022.

Hasilnya tak tanggung-tanggung. Indonesia sukses tampil sebagai peraih gelar juara umum. Tercatat, Indonesia mengumpulkan koleksi dua medali emas dan satu medali perunggu.

Tim Indonesia yang meraih medali emas diisi oleh Fera Damayanti/Riantini, Conny E Sumampouw/Rury Andhany, Roro Joffani TD/Rachma Shaumi bersama kapten Hendra Railis dan pelatih Kamto. Lalu satu tim lagi terdiri dari Lusje Bojoh/Taufik G Asbi, Kristina Wahyu M/Julius A George, Elsya S Ningtias/Robert Parasia dengan kapten Rustam Effendy dan pelatih Syahrial Ali.

2. Perahu Naga

Soal olahraga perahu naga, Indonesia adalah penguasa Asia. predikat tersebut nyata adanya karena Indonesia berhasil menjadi jawara di Kejuaraan Asia Perahu Naga 2022 atau Asian Dragon Boat Championships 2022

Kejuaraan Asia Perahu Naga 2022 digelar di Rayong dan Pattaya, Thailand. Indonesia beraksi pada 19 hingga 21 November 2022.

Selain Indonesia, ada 11 negara yang ikut serta. Semuanya mau tidak mau harus mengakui kedigdayaan Indonesia yang tampil begitu dominan.

Bayangkan saja, Indonesia sanggup meraih medali dari berbagai kategori yang diikuti. Hasil akhirnya, Indonesia mengoleksi raihan 11 medali emas dan satu perunggu sehingga berhak atas gelar juara.

Pencapaian itu sebetulnya bukan hal mengejutkan karena Indonesia bahkan mampu menguasai kancah perahu naga dunia. Misalnya pada tahun 2019, Indonesia menjuarai Kejuaraan Dunia Perahu Naga. Kala itu, Indonesia meraih 2 medali emas, 3 perak, dan 2 perunggu, dari 7 kategori lomba.

Baca juga : Catet Jadwal Libur 2023

3. Angkat Besi

Angkat besi mampu meraih prestasi ciamik di tingkat dunia pada tahun 2022 ini. Indonesia mengirim atletnya ke Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022.

Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 digelar di Bogota, Kolombia pada 5 Desember hingga 16 Desember. Ada 12 atlet Indonesia yang ambil bagian di sana.

Hasilnya, ada delapan medali yang berhasil didapat Indonesia. Kedelapan medali tersebut disumbangkan oleh Rahmat Erwin Abdullah, Rizki Juniansyah, dan Eko Yuli Irawan.

Erwin mampu memboyong dua emas dari kelas 73kg putra. Dua emas miliknya didapat dari catatan angkatan clean and jerk 200kg dan total angkatan 352kg.

Bukan cuma dua emas, keberhasilan Erwin juga berarti ia mempertahankan gelar dan memecahkan rekor. Atlet kelahiran Sulawesi Selatan itu sebelumnya juga menjuarai Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021. Di Bogota, Erwin memecahkan rekor clean and jerk yang sebelumnya dipegang oleh Shi Zhiyong asal China di Kejuaraan Dunia 2019.

Lalu Rizki mendapat satu emas dan dua perak di kelas 73kg, sama seperti Erwin. Emasnya didapat dari angkatan snatch dengan 155kg, sedangkan dua perak dari angkatan clean and jerk 192kg dan total angkatan 347kg.

Sementara itu, Eko mendapat dua medali perak dan satu perunggu. Eko mendapat perak dari angkatan clean and jerk 175kg dan total angkatan 300kg. Sementara itu perunggu didapat dari angkatan snatch 135kg.

4. Karate

Karate yang selama ini dikenal terbagi menjadi dua jenis, yakni tradisional dan sport. Khusus untuk tradisional, di tahun 2022 ini Indonesia punya prestasi apik dari ajang Traditional Karate Asia-Ocenia Cup 2022.

Ajang tersebut digelar di Tashkent, Uzbekistan pada 11-12 Desember lalu. Indonesia mengirim lima atlet untuk beraksi di Traditional Karate Asia-Ocenia Cup 2022. Mereka adalah Erwin Syauridhani, Devia Amylia Putri, Ehwatu Zuriyah, Roberdto Lusiandro Manu, dan Kriyo Sambodho yang tergabung dalam yang tergabung dalam Tim Indonesian Traditional Karate Federation (INATKF)

Di tengah dinginnya cuaca kota Tashkent dan persaingan yang begitu ketat mereka berjuang mengukir prestasi untuk Indonesia. Meski tak mudah, perjuangan mereka tak sia-sia. Indonesia menempati peringkat kedua hasil akhir dengan raihan lima medali emas dan dua perak.

Baca juga : Dishub Tiadakan CFD Tahun Baru

5. Kickboxing

Indonesia adalah negara yang cukup diperhitungkan di kancah kickboxing. Sebab, Indonesia adalah jagoan kickboxing di level Asia.

Buktinya adalah apa yang terjadi di Kejuaraan Asia 2022. Ajang tersebut digelar di Bangkok, Thailand, pada 10-18 Desember lalu dan tim kickboxing Indonesia ambil bagian di sana.

Indonesia punya 17 orang atlet yang ambil bagian di sana. Hasilnya, Indonesia mampu meraih 2 medali emas, 3 perak, dan 6 perunggu.

Dua medali emas Indonesia diberikan oleh Firman Muharram Syach dan Toni Kristian Hutapea. Firman beraksi di kategori tatami styles light contact kelas 69kg putra, kemudian Toni di kategori ring styles full contact kelas 54kg putra.

Partisipasi atlet Indonesia di Kejuaraan Asia 2022 dijadikan sarana uji coba pertama bagi atlet peserta pemusatan latihan nasional (pelatnas) yang tengah bersiap menuju SEA Games 2023. Dengan demikian, hasil yang diraih dari Kejuaraan Asia 2022 adalah modal penting yang dimilikk Indonesia untuk SEA Games 2023.

6. Wing Chun

Indonesia ambil bagian dalam Kejuaraan Wing Chun Dunia yang disenggarakan di Hong Kong pada 30 Oktober 2022. Hasilnya tidak tanggung-tanggung, Indonesia menjadi juara umum.

Sebanyak 22 atlet Indonesia tampil beraksi di Hong Kong. Mereka beradu kemampuan dalam pertandingan kategori Siu Lim Tao, Chum Kiu, dan Biu Gee. Total 5 emas, 6 perak, 8 perunggu, berhasil didapat.

Indonesia bersaing dengan para peserta dari 10 negara lainnya di Kejuaraan Wing Chun Dunia 2022. Adapun negara yang juga berpartisipasi selain Indonesia adalah Singapura, Malaysia, Myanmar, Jepang, Makau, Taiwan, Hong Kong, Cina, Inggris, Prancis, dan Spanyol.

Meski resminya diselenggarakan di Hong Kong, ajang ini digelar secara daring. Penyebabnya adalah pandemi Covid-19 di Hong Kong yang saat itu masih tinggi dan belum mereda.

(source : GNFI)

Redaksi
Latest posts by Redaksi (see all)