Sistem ‘4 in 1’ Jadi Pertimbangan Pemerintah Atasi Polusi Udara

9
0
Sistem '4 in 1' Jadi Pertimbangan Pemerintah Atasi Polusi Udara

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyiapkan solusi atas buruknya kondisi udara di Jabodetabek belakangan ini. Salah satunya adalah dengan mempertimbangkan sistem 4 in 1 atau minimal empat orang dalam satu mobil sebagai upaya permasalahan solusi dari polusi udara di Jabodetabek.

Polusi udara di Jakarta saat ini menjadi sorotan hingga membuat langit menjadi abu-abu. Berbagai unggahan yang viral di sosial media membuktikan kawasan Jabodetabek saat ini dilanda permasalahan polusi udara.

Presiden Jokowi pun hingga turun tangan agar masalah polusi udara ini segera ditangani. Untuk itu, salah satu upaya dari pemerintah adalah merencanakan kebijakan 4 in 1, untuk membatasi menumpuknya kendaraan di jalan.

“Berkaitan utilitas kendaraan, utilitas ini banyak yang menggunakan satu orang atau maksimal 2 orang, maka dipertimbangkan untuk membuat 3 in 1 itu jadiĀ 4 in 1,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

“Jadi katakanlah yang dari Bekasi, Tangerang, Depok mereka bersama ke kantor gantian mobilnya sehingga jumlahnya menurun,” sambungnya.

Baca Juga: Media Asing Nobatkan Jakarta Jadi Kota Paling Berpolusi di Dunia

Sistem '4 in 1' Jadi Pertimbangan Pemerintah Atasi Polusi Udara

Bagi kendaraan yang tidak lolos uji emisi, tidak akan diperbolehkan melintas di Jabodetabek. Kemenhub telah bekerjasama dengan kepolisian untuk menindak pelanggar uji emisi.

“Nanti (Kemenhub) bersama-sama pemda, bersama juga dengan kepolisian melakukan law enforcement kita perbanyak. Jika kendaraan tidak lolos uji emisi mereka tidak memiliki hak melakukan perjalanan diĀ Jabodetabek,” jelasnya.