Media Asing Nobatkan Jakarta Jadi Kota Paling Berpolusi di Dunia

40
0
Media Asing Nobatkan Jakarta Jadi Kota Paling Berpolusi di Dunia

Polusi udara di Jakarta yang kian memburuk hingga sampai diberitakan oleh sejumlah media asing. Bahkan, media asing menobatkan Jakarta sebagai kota paling berpolusi sedunia.

Media asing, Reuters, menuliskan dalam artikelnya berjudul “Indonesia’s Capital Named World’s Most Polluted City” atau “Ibu Kota Indonesia Dinobatkan Sebagai Kota Terpolusi Dunia”. Hal ini berdasarkan catatan perusahaan teknologi kualitas udara Swiss, IQAir.

Jakarta menempati peringkat teratas dari 10 kota paling berpolusi secara global sejak bulan Mei 2023.

“Jakarta, yang berpenduduk lebih dari 10 juta jiwa, mencatat tingkat polusi udara yang tidak sehat hampir setiap hari menurut IQAir,” tulis Reuters.

Turut dibahas pula pernyataan Presiden Jokowi dalam memberikan solusi terhadap pencemaran udara yang telah terjadi di Jakarta. Jokowi mengungkap salah satu upaya untuk mengurangi polusi di Jakarta ialah memindahkan ibu kota negara ke IKN.

Baca Juga: Tangerang Selatan Jadi Kota Paling Polusi Juli 2023

Media asing lainnya, AFP, juga menyoroti soal polusi udara di Jakarta yang sangat tercemar. Disebutnya, kualitas udara buruk di Jakarta dapat membahayakan kesehatan hingga menjadi salah satu faktor kematian.

“Polusi udara diperkirakan berkontribusi terhadap tujuh juta kematian dini setiap tahun dan dianggap oleh PBB sebagai satu-satunya risiko kesehatan lingkungan terbesar,” tulis AFP seperti dikutip dari Channel News Asia.