Perpindahan Ibu Kota ke IKN Nusantara Ternyata Gagasan Soekarno

49
0
Perpindahan Ibu Kota ke IKN Nusantara Ternyata Gagasan Soekarno

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa perpindahan Ibu Kota dari Jakarta menjadi IKN Nusantara bukanlah gagasan beliau. Perpindahan Ibu Kota ini ternyata merupakan gagasan awal milik Soekarno.

Ibu kota negara akan resmi pindah dari Jakarta ke IKN Nusantara pada tahun 2024 nanti. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengeluarkan keputusan presiden (keppres) berkaitan dengan perpindahan ibu kota Jakarta ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Perpindahan Ibu Kota ke IKN Nusantara Ternyata Gagasan Soekarno

Dalam acara Muktamar XVIII PP Muhammadiyah di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jokowi menyampaikan pemindahan Ibu Kota ini bukanlah gagasan baru dari dirinya.

“Yang perlu saya ingatkan bahwa kita pindah ke IKN Nusantara ini juga bukan gagasan saya. Enggak,” ujar Jokowi dalam YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 22 Februari 2023.

Jokowi menjelaskan bahwa pertama kali dicetusnya gagasan  perpindahan ibu kota Indonesia oleh Soekarna di tahun 1960-an. Bung Karno sebelumnya telah merencanakan akan memindahkan Ibu Kota dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan

“(Tapi) ini sudah sejak Bung Karno. Tahun 1960, Bung Karno sudah akan memindahkan Ibu Kota (dari) Jakarta ke Kalimantan, yaitu di Palangkaraya,” imbuhnya.

Baca Juga: Waspada! Ini Wilayah Indonesia yang Berpotensi Cuaca Ekstrem Hingga Akhir Februari

Diungkap Presiden, pemindahan Ibu Kota ini tak hanya sekedar pemindahan secara fisik. Melainkan pemerintah ingin membangun sistem dan budaya kerja baru.

“Bukan fisiknya yang ingin dipindah. Kita ingin memindahkan budaya kerja baru, ingin memindahkan pola pikir yang baru di ibu kota ini karena sistemnya sejak awal kita bangun, SDM-nya sejak awal kita siapkan,” kata Jokowi.