Waspada! Ini Wilayah Indonesia yang Berpotensi Cuaca Ekstrem Hingga Akhir Februari

23
0
Waspada! Ini Wilayah Indonesia yang Berpotensi Cuaca Ekstrem Hingga Akhir Februari

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis deretan wilayah di Indonesia yang berpotensi akan menghadapi cuaca ekstrem hingga akhir bulan Februari ini.

BMKG memprediksi sejumlah wilayah Indonesia akan mengalami hujan lebat menjelang akhir Februari. Oleh karena itu, BKM pun meminta kepada masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem.

“Pada sepekan ke depan akan terdapat peningkatan intensitas hujan yang disebabkan oleh aliran massa udara dingin dari Asia yang signifikan,” menurut keterangan resmi BMKG, Minggu (20/2).

Waspada! Ini Wilayah Indonesia yang Berpotensi Cuaca Ekstrem Hingga Akhir Februari

Cuaca ekstrem tersebut dapat meliputi banjir, banjir bandang, genangan, angin kencang, hingga tanah longsor. Kemungkinan cuaca ekstrem ini terjadi karena meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah konvergensi.

Baca Juga: Aplikasi PeduliLindungi Akan Dilenyapkan Mulai Akhir Februari Ini

Curah hujan akan cenderung terjadi pada siang hingga malam hari. Berikut inilah daftar wilayah di Indonesia yang berpotensi cuaca ekstrem hingga akhir Februari.

23-24 Februari:

Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur;

Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

25-27 Februari:

Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali;

Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.