Pencarian Korban Longsor Brebes Diperpanjang Tujuh Hari Kedepan

40
0

Jakarta (22/02) Longsor melanda kawasan hutan produksi milik perhutani BKPH Salem petak 26 RPH Babakan di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes,  Jawa Tengah, Kamis (22/2) sekitar pukul 08.00 WIB.

Akibatnya, puluhan petani yang sedang bekerja di sawahnya di kawasan itu tertimbun.

Dari data sementara, korban yang ditemukan meninggal ada lima orang, 18 orang dilaporkan hilang, dan 14 korban luka. Saat ini tim gabungan masih bersiaga di lokasi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, longsor terjadi pada saat tidak hujan. Namun dalam beberapa hari terakhir, hujan turun cukup intens sehingga beban air tanah bertambah.

Longsor dari perbukitan turun menuruni lereng mengikuti kontur tanah dan gravitasi sehingga menerjang sawah di bawahnya,” ungkapnya.

Korban luka-luka saat ini dirawat di Puskesmas Bentar Desa Pasir Panjang.

Aparat setempat, terdiri dari anggota TNI, Polri, BPBD, Camat Salem, PMI, SAR, dan relawan dibantu warga setempat masih berupaya melakukan evakuasi.

BNPB menetapkan pencarian korban longsor Brebes, Jawa Tengah, akan dilakukan tujuh hari ke depan. Masa pencarian akan ditambah jika korban belum ditemukan semua.

Sesuai prosedur, pencarian akan dilakukan selama 7 hari. Jika belum ditemukan maka akan dilanjutkan 7 hari berikutnya,” kata Sutopo.

Saat ini tim gabungan dan masyarakat belum bisa mengevakuasi korban karena medan yang sulit. Yang masih dilaksanakan adalah penyisiran sepanjang sungai untuk mencari korban hanyut lainnya.

[teks timnewsroom/kompas.com]

LEAVE A REPLY