Penantian Panjang 6 Tahun Sandy Walsh Hingga Dapat Status WNI

3
0

Pesepakbola Sandy Walsh akhirnya bisa bernafas lega setelah resmi berstatus Warga Negara Indonesia (WNI). Ini merupakan penantian panjangnya hingga enam tahun untuk mendapat status WNI.

Sandy Walsh telah mendapatkan kewarganegaraan Indonesia setelah menjalani sumpah setia kepada NKRI pada 17 November lalu, bersama dengan Jordy Amat. Ia menganggap hal ini adalah momen terbesar dalam hidupnya.

“Secara pribadi, bagi saya ini adalah momen yang membanggakan, saat saya sadar memiliki ikatan dengan kakek dan nenek saya yang berasal dari Indonesia, tepatnya di Surabaya dan Purworejo,” kata Sandy dalam wawancara dengan FIFA.

Penantian panjang Sandy Walsh ini terbanyak hingga menunggu enam tahun agar dapat paspor Indonesia. Kini, ia pun siap jika dipanggil ke timnas Indonesia.

“Jadi sangat menyenangkan bisa mendapatkan [status WNI] ini setelah hampir lima sampai enam tahun saya menunjukkan betapa cintanya saya dengan Indonesia dan timnas,” ujar dia.

“Saya benar-benar bangga ketika mengatakan bahwa saya orang Indonesia, bahkan menunjukkan paspor Indonesia. Itu adalah momen terbesar dalam hidup saya. Saya sangat antusias!” katanya menambahkan.

Terdekat, timnas Indonesia akan berlaga di turnamen Piala AFF 2022. Ini bisa menjadi peluang bagi Sandy Walsh untuk menunjukkan bahwa dirinya layak membela skuad Garuda.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah