Nama Barongsai Ternyata Asli Dari Indonesia

673
0
barongsai

Perayaan Tahun Baru Imlek tampaknya tidak lengkap tanpa kehadiran barongsai. Aksi pertunjukan barongsai adalah yang paling ditunggu ketika perayaan Tahun Baru China. Hal ini sudah menjadi simbol tersendiri pada Imlek sebelum-sebelumnya.

Namun tahukah I-Listeners, ternyata penyebutan barongsai sebenarnya hanya ada di Indonesia.

Barongsai adalah permainan asal China yang memperlihatkan bagaimana sesosok singa mampu beraksi dengan lincah dan memperagakan gerakan yang ekstrem. Permainan ini biasanya dimainkan oleh dua orang yang berada dalam kostum yang menyerupai singa.

Barongsai

Walaupun barongsai sangat identik dari negeri Tiongkok, namun rupanya penamaan dari barongsai sendiri tidak berasal dari China. Di China, kesenian barongsai ini justru dinamakan ‘Wu Shi’.

Diketahui, nama barongsai digunakan oleh warga Indonesia sebagai cerminan akulturasi China di Indonesia.

Baca Juga : Sifat Khas Warga Indonesia Di Mata Dunia

Barongsai

Barongsai memiliki arti, yakni ‘Barong’ berasal dari kesenian boneka Bali yang dimainkan oleh manusia yang berada dalam kostum tersebut. Sementara itu, ‘Sai’ dalam bahasa Hokkian yang berarti singa.

Berbeda dari Indonesia dan China, di Eropa pun memiliki penamaan yang berbeda dari barongsai.

Di negara Barat, barongsai disebut sebagai ‘Lion Dance’, dimana yang berarti singa yang menari-nari dengan kelincahan serta keindahannya.

Perlu I-Listeners ketahui, tarian yang ada dalam setiap gerakan barongsai, bertujuan untuk mengusir setan dan roh jahat. Tradisi ini pun dipertahankan hingga kini.

Berharap agar setiap momen tahun baru Imlek roh-roh jahat serta setan dapat pergi.