Mulai besok, Bandara Halim Buka Lagi Setelah Revitalisasi 

10
0
Mulai besok, Bandara Halim Buka Lagi Setelah Revitalisasi 

Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, kembali dibuka untuk melayani penerbangan komersial mulai hari Kamis (1/9/22) besok.

Seiring dengan pembukaan ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah meminta PT Angkasa Pura II menyesuaikan kembali rute penerbangan khususnya, yang dialihkan ke bandara lain.

Plt. Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono pun meminta AP II menyiapkan fasilitas penunjang operasional penerbangan komersial di bandara tersebut.

Mulai besok, Bandara Halim Buka Lagi Setelah Revitalisasi 

“Kami telah melakukan proses verifikasi terhadap fasilitas di gedung terminal dan telah ditindaklanjuti oleh AP II,” ujar Nur Isnin dalam siaran pers yang diterima IRadio, Selasa (30/8).

Ia optimistis pengoperasian kembali bandara yang berdiri sejak 1920-an itu bisa meningkatkan konektivitas dan utilitas armada, sehingga dapat berkontribusi terhadap upaya pemberlakuan tarif yang lebih terjangkau.

Selain itu, Kemenhub meminta AP II melakukan koordinasi penuh dengan TNI AU dan stakeholder untuk memastikan aspek keselamatan, keamanan, dan pelayanan serta pemenuhan terhadap seluruh regulasi.

Mulai besok, Bandara Halim Buka Lagi Setelah Revitalisasi 

Sebagai informasi, Bandara Halim Perdanakusuma ditutup sejak awal 2022 untuk direvitalisasi. Revitalisasi mencakup perbaikan fasilitas sisi darat maupun udara, dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan.

Revitalisasi meliputi perbaikan runway dan taxiway serta peningkatan apron. Selanjutnya, perbaikan sistem drainase dan pengelolaan air, perbaikan terminal VVIP, serta penataan fasilitas lain yang perlu disesuaikan.

Baca Juga: Inilah Syarat Lengkap Naik Kereta Api Terbaru

Selama proses revitalisasi itu, penerbangan dari bandara tersebut dialihkan ke beberapa bandara terdekat, seperti Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Pondok Cabe.