Meriahkan Piala Dunia 2022, Sandiaga Uno Pamerkan Batik di Qatar

11
0

Para turis dari berbagai belahan dunia yang berdatangan untuk menyaksikan perhelatan Piala Dunia 2022, dimanfaatkan oleh Menparekraf Sandiaga Uno membuka sebuah pameran batik di Doha, Qatar. Hal ini sekaligus untuk mempromosikan batik di mata dunia.

Pameran batik di Qatar ini merupakan kerjsama antara KBRI Doha dengan Katara Cultural Village Foundations. Pameran batik ini bertajuk “The Exotic Indonesian Batik Heritage”.

Pameran batik telah digelar dari tanggal 1 s.d. 8 Desember 2022 di Gallery 1, Katara Cultural Village, Doha, Qatar. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, datang langsung ke Qatar untuk membuka pameran.

Dalam sambutannya, Sandiaga Uno menginginkan batik bukan hanya sekedar budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Melainkan, batik juga dapat memberi dampak terhadap perekonomian Tanah Air.

“Industri batik membuka ribuan lapangan kerja di Indonesia” ucap Sandiaga Uno.

Pameran batik di Qatar ini diharapkan dapat membuat dunia tertarik oleh budaya dari Indonesia tersebut. Hal ini nantinya sekaligus dapat membantu para pelaku industri kreatif yang tertimpa dampak Covid-19.

“Ini adalah ikhtiar Pemerintah untuk membantu para pelaku industri kreatif di tanah air untuk pulih dari badai pandemi Covid-19” kata Dubes Ridwan.

Ada sekitar 42 koleksi batik dari berbagai daerah di tanah air yang dipamerkan dalam acara “The Exotic Indonesian Batik Heritage”.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah