Keren! Jalanan di IKN Nusantara Bisa Ngecas Mobil Listrik

399
0

Teknologi masa depan akan diterapkan di jalanan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur. Direncanakan nantinya di IKN Nusantara hanya akan ada kendaraan listrik ramah lingkungan, sementara mobil bensin-diesel dilarang masuk.

Konsep kendaraan listrik ramah lingkungan akan coba diterapkan oleh pemerintah di IKN Nusantara. Salah satunya dengan akan dibangun infrastruktur jalanan yang dapat mengisi ulang daya baterai kendaraan.

“Kemungkinan bahwa jalan-jalan kita nanti menjadi electric charging lane. Ini sudah berjalan sekarang konsep ini di beberapa (negara) di dunia, sudah banyak yang melakukan uji coba,” kata Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilag.

Electric charging lane yang dimaksud ini memiliki sistem yang menghasilkan ladang elektromagnet. Itu artinya, akan ada ‘transfer’ energi ke sistem penerima yang tertanam di mobil atau kendaraan listrik.

Hal ini pun membuat pengendara kendaraan listrik tidak perlu membawa baterai ukuran besar saar berjalan di IKN Nusantara. Jalanan di IKN ini membuat kendaraan listrik untuk melakukan pengecasaan.

“Karena di sana, di IKN nanti kita berbicara mengenai (kendaraan) bertenaga listrik, tidak lagi kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil,” kata Danis.

Presiden Joko Widodo menginginkan IKN untuk mobilitas kendaraan ramah lingkungan serta warga untuk berjalan kaki. Ia pun juga melarang kendaraan berbahan bakar fosil masuk kawasan IKN.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Redaksi
Latest posts by Redaksi (see all)