Ini Negara Terbaik Perekonomiannya di Asia Tenggara 2021, Indonesia Urutan Berapa?

8681
0
Negara Terbaik Perekonomiannya di Asia Tenggara 2021

Baru-baru ini Dana Moneter Internasional (IMF) telah merilis proyeksi pertumbuhan ekonomi global dalam World Economic Outlook edisi April 2021. Menariknya, bukan Singapura yang menduduki posisi pertama sebagai negara terbaik perekonomiannya di Asia Tenggara.

Seperti diketahui, satu-satunya negara maju di Asia Tenggara ialah Singapura. Singapura telah menjadi negara pelopor industri pertama di wilayah ASEAN.

Namun begitu, pada proyeksi pertumbuhan ekonomi global dalam World Economic Outlook edisi April 2021, Singapura ternyata kalah dari Filipina, Vietnam dan juga Malaysia.

Negara Terbaik Perekonomiannya di Asia Tenggara 2021

Dalam rilisan IMF, posisi pertama ditempati oleh Filipina dengan diperkirakan pertumbuhan ekonominya paling tinggi pada tahun ini, yakni 6,9%.

Kemudian diikuti oleh Vietnam dan Malaysia di posisi kedua dan tiga dengan masing-masing sebesar 6,5%. Setelahnya, ada Thailand di kisaran 5,6%.

Selanjutnya, barulah Singapura dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2% pada 2021.

Baca Juga : Resmi Ditekan Jokowi, 14 Tempat Ini Wajib Bayar Royalti Ke Lagu Ciptaan Orang

Indonesia Urutan Berapa?

Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini, diprediksi juga akan lebih rendah dibandingkan negara ASEAN-5 lainnya seperti Thailand, Vietnam, Filipina, Malaysia dan Singapura.

Indonesia diprediksi hanya sebesar 4,3% dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2021. Hal ini tidak berbeda jauh dari Laos dan Kamboja yang masing-masing sebesar 4,6% dan 4,2%.

Pertumbuhan Indonesia kali ini lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata pertumbuhan ekonomi global.Laporan proyeksi ekonomi IMF ini menyebutkan update proyeksi produk domestik bruto (PDB) riil atau pertumbuhan ekonomi global dari IMF tahun 2021 ini sebesar 4,9%.