Ini Bahaya Es Teh Manis Saat Buka Puasa

41
0
Bahaya Es Teh Manis Saat Buka Puasa

Sudah menjadi suatu kebiasaan khususnya bgai masyarakat Indonesia mengkonsumsi es teh manis saat berbuka puasa. Es teh manis selalu menghiasi meja makan menjelang berbuka.

Tentu, es teh manis memang sungguh menyegarkan untuk buka puasa. Selain manis, juga sangat mudah untuk dibuatnya. Namun, tahukah I-Listeners bahwa jika meminum es teh manis saat berbuka puasa ternyata berbahaya bagi tubuh?

Berikut ini beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan jika berlebihan dalam minum es teh manis saat buka puasa.

Berat Badan Naik

Bahaya Es Teh Manis Saat Buka Puasa

Es teh manis banyak mengandung pemanis buatan. Efeknya dapat memicu peningkatan berat badan. Hal lainnya jika es teh manis dipadukan dengan makanan-makanan yang juga manis seperti kue, maka akan membuat berat badan Anda naik lama kelamaan. Sebaiknya, hindari mengkonsumsi yang manis terlalu berlebih saat berbuka.

Asam Lambung

Bahaya Es Teh Manis Saat Buka Puasa

Hal yang berbahaya berikutnya dari mengkonsumsi es teh manis yakni asam lambung. Perlu waktu yang cukup lama bagi lambung untuk memproses minuman dingin seperti es teh manis dengan membutuhkan penyesuaian suhu untuk dapat menggantikan cairan tubuh. Hal itulah yang mengakibatkan asam lambung naik dan juga nyeri pada lambung.

Bahaya Untuk Ginjal

Bahaya Es Teh Manis Saat Buka Puasa

Teh mengandung kandungan asam oksalat yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan makan dapat menyebabkan masalah pada organ ginjal. Kandungan asam oksalat akan mengendap ke dalam ginjal dan dapat menimbulkan resiko batu ginjal.

Baca Juga : Asal Usul Mitos Babi Ngepet, Ternyata Sudah Ada Sejak Jaman Majapahit

Kadar Gula Tinggi

Bahaya Es Teh Manis Saat Buka Puasa

Memang sangat dianjurkan berbuka dengan yang manis saat berbuka puasa. Namun disini, kadar gula yang dimiliki es teh manis sangat tinggi , apalagi yang memakai pemanis buatan. Jika hal ini tidak dibatasi makan akan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.