Indonesia Bakal Produksi 290 Juta Vaksin Covid-19

24
0

Jakarta (24/08) Presiden Joko Widodo menyebut Indonesia bakal memproduksi 290 juta vaksin covid-19 (korona) hingga akhir 2021. Dia mengeklaim langkah Indonesia paling maju dibandingkan negara-negara ASEAN.

“Saya sudah dapat laporan dari Bu Menlu (Retno Marsudi) dan Pak Menteri BUMN (Erick Thohir) sampai 2021 kita kurang lebih mendapat komitmen 290 juta, itu besar sekali, negara lain satu dua juta saja belum,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, (24/08) seperti dikutip dari medcom.id.

Jokowi menyampaikan 290 juta vaksin itu akan diproduksi di dalam negeri dan luar negeri. Saat ini, pembuatan vaksin yang bekerja sama dengan perusahaan Sinovac asal Tiongkok sudah memasuki uji klinis tahap tiga.

“Saya kira ini berita yang sangat bagus dan kita harapkan dengan perbaikan komunikasi yang baik, confident market, confident dunia usaha bisa kita berikan ke mereka,” ujar dia.

Kepala Negara menuturkan 290 juta vaksin itu belum termasuk vaksin Merah Putih. Vaksin buatan dalam negeri diperkirakan selesai pertengahan 2021.

“Kita bisa produksi lebih banyak dan kalau yang kita miliki berlebih ya enggak apa-apa dijual ke negara lain karena di ASEAN saya lihat belum ada yang siap dengan vaksin,” ujar dia.

Vaksin Merah Putih dikembangkan oleh Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman dengan menggunakan DNA virus asli Indonesia. Vaksin tersebut hanya menggunakan subpartikel atau bagian-bagian tertentu dari virus covid-19.

[teks timnewsoom/medcomid | foto jpnn]